Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Kunjungi Peternakan Babi di Pela

Tanggal update: 29 Jan 2020 13:46, oleh: Aris

Ruteng - Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus, S.H.,M.H mengunjungi peternakan babi ‘’Rembu Tedeng’’ di Pela Desa Bulan Kecamatan Ruteng, Selasa (28/01/2020).

Dalam kunjungan ini, Bupati Deno turut didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Drs. Jahang Fansi Aldus dan Asisten III Drs.Fransiskus Kakang.

Dalam kunjungan ke peternakan milik Victor Selamet tersebut, Bupati Deno Kamelus menyempatkan diri berdiskusi dengan pemilik peternakan tentang potensi pengembangan peternakan babi, untuk peningkatan pendapatan peternak khususnya peternak babi di Kabupaten Manggarai.

Bupati Deno mengutarakan, pola kerjasama yang akan dibangun antara pemerintah dan pemilik peternakan.

Pemilik peternakan jelas Bupati Deno, menyiapkan anakan babi untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat dan dananya berasal dari APBD II Kabupaten Manggarai dan bersumber dari dana desa (DD).

Ke depan kata Bupati Deno, akan didiskusikan lebih lanjut mengenai kebutuhan pengadaan ternak babi serta ketersediaan pakan.

Pemerintah ujar Bupati Deno, akan mendorong petani untuk menanam jagung dan dibagi ke dalam beberapa segmen wilayah.

Pemilik peternakan Victor selamet menerangkan, pakan ternak babi yang berbahan dasar jagung, selama ini didatangkan dari Bima, NTB.

‘’Kendala yang kami hadapi, terkait bahan baku pakan ternak seperti jagung yang harus kami datangkan dari Bima,’’jelasnya.

‘’Ketika masih di Kementerian Pertanian, saya terus mendorong wilayah timur Indonesia agar mengembangkan ternak kecil, seperti babi. Karena ternak besar seperti sapi, menurut saya tidak mampu membantu perekonomian warga,’’terangnya.

Untuk itu ke depan lanjut Victor, apabila ada MOU dengan Pemkab Manggarai, Dia berencana melakukan perkawinan silang dengan babi lokal termasuk pemberdayaan peternak lokal.   (ars)