Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Wabup Manggarai Lantik Tiga Camat Baru dan Sejumlah Pejabat Administrator

Tanggal update: 07 Jan 2020 15:33, oleh: Aris

Ruteng - Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur melantik dan mengambil sumpah tiga camat baru dan sejumlah pejabat Administrator di Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai, berlangsung di Aula Paroki Rejeng, Ketang Kecamatan Lelak Kabupaten Manggarai, Senin(06/1/2020).

Pelantikan dan pengambilan sumpah para pejabat Administrator tersebut berdasarkan keputusan Bupati Manggarai nomor HK/1/2020 tanggal 2 Januari 2020

Sejumlah Camat dan pejabat yang dilantik Wabup Victor Madur tersebut, yakni ; Gondolpus B.Nggarang,S.Fil sebagai camat Lelak, Ir.Daniel Baru sebagai Camat Langke Rembong, Dionisius Purnama,S.Sos sebagai Camat Satar Mese Barat.

Pejabat lain yang turut dilantik, Atanasius Biran Huwa,S.H sebagai Sekretaris Kecamatan Satar Mese Barat, Fitus Suardi,S.pd sebagai Sekretaris Kecamatan Lelak, Aleksius Cagur, SE sebagai Sekretaris Kecamatan Satar Mese Utara.

Selanjutnya, Ir.Gandi Vitus, sebagai Kepala Bidang Pakan Ternak Dinas Peternakan, Rodriques Veronika Dwipanni,SP sebagai Kepala Bidang Pengembangan SDM, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dinas Peternakan, Stevanus Tawar,SH sebagai Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Fasilitas Umum Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Hipolitus Kori,SH sebagai Kepala Bidang Akuisi dan Layanan Kearsipan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Wakil Bupati Victor Madur mengatakan, pengambilan sumpah jabatan merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintah.

Selain itu kata Wabup Victor, tujuan utama agar roda pemerintahan dapat berjalan baik, terutama roda pemerintahan di wilayah kecamatan.

Dengan demikian lanjutnya, kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik yang maksimal dapat dipenuhi.

Wabup Victor juga berharap agar para camat yang dilantik dapat dengan segera menjalankan amanah dan melaksanakan penuh rasa dengan tanggungjawab.

Dijelaskan Wabup Victor, kemampuan adaptasi atau menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru menjadi hal yang sangat dibutuhkan dari setiap pejabat atau pejabat yang dilantik, mulai dari adaptasi personal, adaptasi psikologis dan adaptasi institusional.

Menurut Wabup Victor, adaptasi personal berhubungan dengan bagaimana para camat yang dilantik dapat dengan cepat memahami kekuatan tim kerja yang baru dimilikinya, sehingga roda pemerintahan kecamatan dapat terus berputar.

Selain itu lanjut Wabup Victor, adaptasi personal berhubungan dengan bagaimana seorang camat baru dituntut untuk segera mengerti karakter masyarakat di wilayah yang dipimpinnya. Hal ini penting agar sikap (attritude) dalam memimpin tidak bertentangan dengan kebiasaan sosial yang berlaku di tempat itu.

wabut sematkan lantik camat

foto : wabub Victor menyematkan tanda jabatan camat

Lebih jauh Beliau menjelaskan mengenai adaptasi psikologis dan institusional sangat berhubungan dengan kemampuan para camat yang dilantik untuk memahami sekaligus menjiwai tugas pokok dan fungsinya di wilayah kerja dan posisi yang baru.

Pada beberapa situasi ujarnya, ruang lingkup yang berbeda dengan tempat kerja atau posisi yang lama dapat saja menjadi hambatan "Tetapi dengan kemampuan manajemen diri yang baik, Saya yakin sikap adaptif akan segera dipunyai dan pada titik berikutnya dapat dijalankan sehingga amanah yang baru dapat dipertanggungjawabkan melalui kerja nyata,"katanya.

Wabup Victor Madur mengatakan, pelantikan juga tidak hanya berorientasi pada pengembangan karir seorang PNS untuk kepentingan pribadinya. Lebih dari itu merupakan satu mata rantai dalam upaya pembenahan dan pemantapan organisasi yang berujung pada tercapainya peningkatan kualitas kinerja pelayanan publik.

Diakui Wabup Victor, para pejabat yang dilantik telah melalui berbagai pertimbangan mulai dari kompetensi, integritas, loyalitas dan juga moralitas "Jika hal-hal positif tersebut dapat diramu dengan baik, maka fungsi-fungsi managemen dan administrasi yang menjadi tupoksi seorang pemimpin wilayah kecamatan akan berjalan dalam koridor yang tepat. Dengan demikian apa yang menjadi cita-cita bersama, yakni Manggarai yang maju, makmur, sejahtera, adil dan merata yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa lebih cepat terwujud,"ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut beberapa hal diharapkan Wabup Victor, pertama terus menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab masing-masing.

Kedua, tingkatkan sensivitas dan sikap responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru, baik di dalam maupun di luar unit organisasi.

Ketiga, pupuk semangat personal untuk mewujudkan good governance dan jauhkan diri dari niat melakukan KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dan melaksanakan program dan kegiatan.

Keempat, lakukan terobosan dengan mengedepankan kreatifitas dan inovasi dan Kelima, gunakan seluruh sumber daya yang ada secara optimal, sehingga produktifitas maksimal di masing- masing wilayah kecamatan dapat tercapai.

wabub victor mengambil sumpah para camat

foto : wabub Victor melantik dan mengambil sumpah para pejabat

Yang tidak kalah penting tambah Wabup Victor, adalah bahwa agenda pembangunan pada tahun ini, akan berjalan bersama dengan agenda penting di daerah ini, yakni pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai "Sebagaimana kita ketahui bersama, agenda politik seperti ini, tanpa kita sadari akan sedikit banyak berpengaruh pada kualitas kinerja ASN juga pada relasi sosial kemasyarakatan. Oleh karenanya, kemampuan para camat yang dilantik hari ini dalam mengelola dan mengendalikan potensi gesekan-gesekan tadi, sangatlah diharapkan,"tuturnya.

"Kita tentu saja tidak ingin jika, hanya karena agenda politik lima tahunan, kerangka besar pembangunan daerah ini, yang telah tertuang dalam RPJMD, menjadi terhambat. Laksanakan tugas sebaik-baiknya, setulus-tulusnya, agar berkat berlimpah akan ditimpalkan Tuhan pada kita semua,"pungkasnya.

Sebelum menuju ke tempat pelantikan, Wakil Bupati dan rombongan yang terdiri dari Pimpinan Perangkat Daerah, anggota DPRD, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, terlebih dahulu diterima secara adat Tuak Curu dan Manuk Kapu oleh tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Saat pelantikan berlangsung, para pejabat didampingi saksi ASN, yakni Sekretaris Dinas Pariwisata Drs.Yohanes jenaru dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Petrus C. Masangkat, S.sos.serta Saksi Rohaniwan Romo Tarsisius Syukur,pr.   (ars)