Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Lantik 5 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemkab Manggarai, Ini Pesan Wabup Victor Madur

Tanggal update: 16 Dec 2019 14:00, oleh: Aris

Ruteng - Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur melantik dan mengambil sumpah 5 pejabat Tinggi Pratama Eselon II B Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai, Senin (16/12/2019) bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai.

Para pejabat tinggi pratama yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Bupati Manggarai nomor nomor hk/564/2019 tentang pemberhentian dari jabatan Administrator dan pengangkatan dalam jabatan pimpinan pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Para Pejabat sedang Bersumpah, disaksikan saksi Rohaniwan.  Foto : Kominfo

Kelima pejabat yang dilantik tersebut diantaranya, Kepala Dinas Kominfo yang sebelumnya dijabat Drs.Silvanus Hadir dan Plt.Micha O.Dima kini dijabat mantan kabag Administrasi Kesejahteraan Sosial Dra.Venidiana Wanggut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang sebelumnya dipegang Drs.Marsel Gambang dan Plt.Drs.Silvanus Hadir, kini diisi oleh pejabat baru Kanis Nasak,SE yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian, pendidikan dan  Pelatihan, jabatan lama dipegang Plt. Maksimus Gandur,S.sos, jabatan baru dipegang Remigius Harum, S.fil yang sebelumnya menjabat Kabag Organisasi.

Selain itu Kepala Inspektur Daerah yang dinahkodai Sri Purwati Leok yang telah memasuki masa purna tugas, diisi pejabat baru Bour Maksimus,S.H yang sebelumnya menduduki jabatan Kabag Hukum serta Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan dijabat mantan Sekretaris Dinas Pertanian Lourensius Santu,SP.

Wakil Bupati sedang memberikan sambutan.  Foto : Kominfo

Kepada para pejabat yang dilantik Wakil  Bupati Victor Madur, ada beberapa hal yang mesti dipahami bersama, pertama momentum seperti ini adalah sebuah keniscahyaan dalam menjalankan roda pemerintahan, kita memerlukan terisinya jabatan pimpinan tinggi pratama yang akan bekerja dalam kekhususan dan kekhasan masing –masing dalam rangka mewujudkan Manggarai yang maju, makmur,  sejahtera, adil dan merata serta diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Wabup Madur berharap agar para pejabat yang dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan tugas dan jabatan agar roda pembangunan tetap berputar agar tidak terhambat oleh tupoksi baru.

Masing-masing pejabat yang dilantik hari ini dipilih karena potensi masing-masing yang diangkat sesuai dengan kebutuhan jabatan yang akan diisi.

Kedua, dalam hitungan hari kita akan tiba di tahun yang baru, para pejabat menyiapkan diri secara baik agar roda pembangunan di tahun 2019 dapat berputar maksimal ‘’Pada titik ini, kesadaran yang kita pakai bersama adalah bahwa pencapaian di tahun yang baru harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Saya berharap pada pejabat yang dilantik agar mengerahkan seluruh energi terbaik untuk pembangunan, dan tetap berpegang teguh pada prinsip managerial dasar, yakni planning organizing, directing, koordinating, dan kontrolling,’’katanya.

Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan penempatan, pengkoordinasian hingga pengontrolan. Ketiga, pada tahun 2020 daerah ini akan memasuki babak penting, yakni pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Sebagaimana telah diketahui bersama perhelatan politik akan diikuti dengan menguatnya kontrol konflik pada kinerja pemerintah, meningkatnya ketegangan dalam relasi sosial oleh karena perbedaan pilihan serta membanjirnya informasi yang pada titik tertentu akan semakin sulit dibedakan informasi yang benar atau berita bohong (hoax).

Wabup Victor menuturkan, peristiwa politik seperti itu membutuhkan konsekwensi dan ketegasan pemerintah agar hal-hal tersebut tidak berdampak buruk pada roda pembangunan. Jika tidak dikelola dengan baik bukan tidak mungkin ketegangan relasi sosial di tengah masyarakat akan berujung hal-hal lain yang merugikan, seperti konflik horizontal, hilangnya daya kritis masyarakat akibat gerusan berita bohong atau hoax.

Khusus pada bagian ini, kepada Kadis Kominfo yang baru, Wabup Victor berpesan agar benar-benar mengerahkan kemampuan terbaik sebagai kepala dinas yang bertanggung jawab pada diseminasi informasi ‘’Pastikan seluruh tim dan staf di dinas Kominfo bekerja secara maksimal. Menghadirkan secara jernih informasi-informasi dan agen terdepan dalam menyampaikan capaian kinerja dan pembangunan ke tengah masyarakat,’’ujarnya.

Selain itu, Dinas Kominfo harus bisa menangkal penyebaran berita bohong atau hoax.

Hal lain yang disampaikan Wabup Madur terkait penanganan sampah yang harus segera dipikirkan oleh pejabat baru.

Kepada kepala Dinas BKPP, Ia juga berpesan untuk menyelesaikan administrasi kepegawaian, diklat prajabatan, termasuk latihan dasar CPNS angkatan 2018.

Kepada Inspektur yang akan memimpin Inspektorat, beliau memastikan agar capaian-capaian positif selama ini termasuk predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah diraih tetap dapat dipertahankan.

Kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan,Wabup yang berpasangan dengan Bupati Deno Kamelus ini memastikan tugas-tugas penyelenggaraan perekonomian, program dan pengendalian pembangunan, kerja sama dan pengadaan barang dan jasa dapat dikordinasikan dengan baik.

Kadis Kominfo, salah satu Pejabat Yang dilantik.  Foto : Kominfo

Bertindak selaku saksi rohaniwan, saat pelantikan ini yakni Romo Beni Bensi,pr sementara saksi dari ASN Kepala Dinas Pendidikan Maksimus Gandur dan Staf Ahli Bupati bidang Kesra dan Pembangunann Fransiskus Kakang.

Sementara para pejabat yang hadir, diantaranya Penjabat Sekretaris Daerah Drs.Angkat Anglus,M.Si, Ketua DPRD Matias Masir, pimpinan perangkat daerah, unsur Forkopimda, ASN lingkup Pemkab Mangggarai, keluarga para pejabat yang dilantik serta insan pers.  (ars)