Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Sampaikan Pesan Menyentuh Mendikbud Kepada Para Guru

Tanggal update: 25 Nov 2019 12:18, oleh: Aris

Ruteng - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pesan yang sangat menyentuh kepada seluruh guru-guru di Indonesia termasuk di Kabupaten Manggarai.

Pesan Mendikbud Nadiem tersebut disampaikan Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus, S.H.,M.H saat upacara bendera memperingati Hari Guru ke 25, bertempat di Lapangan Motang Rua Ruteng, Senin (25/11/2019).

Bupati Manggarai menyematkan gelar Tanda Jasa dan Kehormatan kepada sejumlah guru

foto : Kominfo 

Berikut petikan pesan Mendikbud Nadiem Makarim

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, biasanya tradisi hari guru dipenuhi kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini sedikit berbeda. Saya ingin bicara apa adanya dengan hati yang tulus kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Guru Indonesia yang tercinta, tugas anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari potensi ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Anda ingin mengajar murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan.

Anda frustrasi karena anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak bukan kemampuan menghafal.

Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi.

Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada anda. Perubahan adalah hal-hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

Namun perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semua berawal dan berakhir dari guru.

Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambilah langkah pertama. Besok dan di manapun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda.

- Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya

  mendengar.

- Berilah kesempatan kepada murid

  untuk mengajar di kelas.

- Cetuskan proyek bhakti sosial yang

   melibatkan seluruh kelas.

- Temukan suatu bakat dalam diri murid

   yang kurang percaya diri.

-  Tawarkan bantuan kepada guru yang

    sedang mengalami kesulitan.

Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

 

Selamat Hari Guru

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Sejumlah siswa SD gabungan, sedang tampil di depan panggung utama.  foto : Kominfo

Upacara bendera, turut dihadiri Penjabat Sekda Angkat Anglus, ketua DPRD Matias Masir, kadis PPO Maksi Gandur, pimpinan OPD, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, unsur Forkopimda, diantaranya Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo, Dandim 1612 Manggarai Letkol inf.Rudi Markiano Simangunsong, Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Yoni Pristiawan Artanto, organisasi wanita, para guru se Kecamatan Langke Rembong, pramuka Gudep 2412, ASN, serta sejumlah siswa mulai tingkat dasar hingga menengah dan mahasiswa.  

Peringatan hari guru di Ruteng Ibu kota Kabupaten Manggarai, diisi dengan berbagai acara, antara lain penyerahan gelar tanda jasa dan tanda kehormatan Satyalencana Karya 30 tahun bagi pengawas dan guru, piagam penghargaan kategori guru berkomitmen dalam melestariakn seni dan budaya Manggarai, pementasan tarian budaya oleh siswi SMAK Setia Bhakti, Vocal Group siswa SLTPN 2 Langke Rembong, tarian dan nyanyian siswa dan siswi gabungan beberapa sekolah dasar dan ditutup dengan penampilan display drum band SMAN 2 Ruteng.    (ars)