Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Menggugah Semangat Kaum Milenial Dalam Mempertahankan Budaya, Komunitas Ca Nai Gelar Festival Songke dan Ranaka

Tanggal update: 22 Nov 2019 08:39, oleh: Aris

Ruteng- Komunitas Ca Nai, yang ada di kabupaten Manggarai akan menggelar kegiatan Festival Songke dan Ranaka selama dua hari sejak Jumat 22/11/2019 hingga Sabtu 23/11/2019 bertempat di Halaman Rumah Wunut. Berbagai elemen terlibat dalam kegiatan yang digagas Komunitas Ca Nai ini.

Rumah Wunut (Mbaru Wunut)

Ketua Komunitas Ca Nai Tedi Nahas mengatakan, festival ini digelar untuk mengembalikan rasa cinta generasi muda terhadap budaya sendiri sebagai bentuk identas jati diri.

Selain itu kata Tedi, untuk mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa di mana kearifan lokal yang diwariskan dan memiliki kekayaan nilai yang universal.

Ia mengatakan, festival ini juga ingin memperkaya keberagaman budaya sehingga tidak hanya dilestarikan tapi dikembangkan menjadi ekonomi kreatif berbasis budaya dan bernilai ekonomis.

Selain itu ungkap Tedi, festival ini mendukung promosi pariwisata di Manggarai untuk mewujudkan tujuan pembangunan pariwisata dan kebudayaan nasional khususnya dalam mendukung destinasi wisata Manggarai.

Ditambahkannya, festival juga mau menggugah semangat kaum muda milenial dalam mempertahankan budaya dan alam Manggarai.

Ketua Komunitas Ca Nai, Tedi Nahas.  

Komunitas seperti pengrajin, sanggar seni budaya, petani kopi, pelaku kuliner, penggiat seni, dan kerajinan  serta komunitas akan terliat dalam kegiatan ini.

Beberapa agenda kegiatan dalam Festival ini diantaranya, bhakti sosial dan lomba hiking menuju puncak Ranaka, foto ranaka, lomba cipta lagu ranaka, pentas seni dan budaya.   (ars)