Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Jadi Pembicara Dalam Seminar Hari Pendidikan dan Hari Guru Nasional

Tanggal update: 20 Nov 2019 19:22, oleh: Aris

Ruteng - Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, Hari Guru Nasional ke 25 dan HUT PGRI ke 74, tingkat Kabupaten Manggarai tahun 2019, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (PPO) Kabupaten Manggarai menyelenggarakan Seminar.

Seminar berlangsung di Aula Dinas PPO Kabupaten Manggarai, Rabu (20/11/2019). Dalam Seminar ini, Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,S.H.,M.H didaulat sebagai pembicara materi dengan tema ‘’Guru Profesional dan Berkompeten Harus Mampu Membangun SDM Unggul’’.

Bupati Manggarai, saat memberikan materi.  Foto : Kominfo

Bupati Deno mengatakan, tantangan terbesar yang membutuhkan energi, kerja keras dan komitmen bersama dalam mengubah dan memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Manggarai dalam era teknologi demi meningkatkan sumber daya manusia yang handal.

‘’Kenapa Nadim Makarim, seorang pendiri Gojek, kemudian dipilih menjadi Menteri Pendidikan. Harapannya pengalaman Pak Nadim bisa dijadikan instrumen untuk memajukan dunia Pendidikan Kita,’’katanya.

Bicara mengenai pendidikan kata Bupati Deno, dalam RPJP Nasional, dan RPJM, ada beberapa fokus bidang pendidikan, salah satunya bagaimana kerja-kerja kita untuk terus meningkatkan aksesibilitas.

Aksesibilitas tersebut lanjutnya, kemudian diukur dengan menggunakan indikator-indikator angka partisipasi, baik angka partisipasi murni maupun angka partisipasi kasar mulai tingkat pendidikan paud, pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.

Dikatakan Bupati Deno, menjadi tantangan ke depan adalah bagaimana dengan kemajuan dan pemanfaatan teknologi untuk mendongkrak aksesibilitas ‘’Saya harap guru-guru di era teknologi ini,  harus memiliki standar. Tentu kita tunggu bersama gebrakan Menteri Nadim Makarim terkait penerapan teknologi di bidang pendidikan,’’tuturnya.

Dijelaskan Bupati Deno, kategori kinerja juga dinilai oleh Kementerian keuangan dari segi kinerja, salah satunya dari dunia pendidikan ,yakni angka partisipasi yang berkaitan dengan aksesibilitas ,peta pendidikan dan Rerata nilai UN dan mutu kelulusan.

Bupati Deno berharap ada refleksi yang harus dilakukan, baik oleh pemerhati pendidikan maupun para guru, pada peringatan hari Pendidikan , hari PGRI serta hari guru, yakni eksistensi dan tekad yang tinggi demi memajukan pendidikan di Manggarai

Lebih lanjut dijelaskannya, ada 9 kategori yang dinilai pemerintah pusat untuk memberikan Dana Insentif Daerah (DID) bagi Pemerintah daerah, antara lain ; kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah,  pelayanan dasar publik dan pendidikan, ,pelayanan publik bidang kesehatan, pelayanan publik dan infrastruktur, kesejahteraan masyarakat, pelayanan pemerintahan, peningkatan ekspor, peningkatan investasi dan pengelolaan sampah ‘’Ada 9 kategori kinerja, termasuk kategori pelayanan dasar publik dan pendidikan. Khusus kategori layanan publik dan pendidikan, jangan sampai turun, biar dana DID juga kita dapat,’’pungkasnya.

Para Peserta Seminar, sedang mendengarkan pemaparan Materi oleh Bupati Manggarai. Foto : Kominfo

Turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Rektor UNIKA Santu Paulus Ruteng, Ketua STIPAS, Ketua STIE Karya, Ketua Kwarcab Pramuka 2412, Ketua PGRI, Koordinator Pengawas SMA/MA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Koordinator Pendidikan Kecamatan Langke Rembong, para Kepala Sekolah dari tingkat SD hingga SMA/SMK serta para pelajar dan Mahasiswa.   (ars)