Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Mengapresiasi dan Menyambut Baik Terpilihnya Uskup Ruteng

Tanggal update: 14 Nov 2019 20:48, oleh: Aris

Ruteng – Setelah menunggu hampir dua tahun lamanya, sejak tahta Uskup ditinggal Mgr.Hubertus Leteng, pr, umat Keuskupan Ruteng akhirnya memiliki seorang Uskup baru.

Kepastian tersebut diperoleh, setelah Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng Romo Alfons Segar,pr membacakan dan mengumumkan surat resmi dari Duta Vatikan.

Romo Alfons,Saat membacakan nama Uskup Baru.  Foto : Kominfo 

Dikatakan Romo Alfons, Surat tersebut bernomor 1390/2019 tertanggal 13 November 2019 yang ditujukan kepada Administrator Katolik Keuskupan Ruteng Mgr.Silvester San,pr untuk menyampaikan pengumuman tentang Uskup terpilih, Rabu (13/11/2019) bertempat di Gereja Katedral Ruteng.

Romo Alfons mengatakan, selama tahun 2019 seluruh umat menyampaikan doa kepada ALLAH agar mengutus seorang gembala ketengah Keuskupan Ruteng ‘’Doa-doa kita telah dikabulkan Tuhan,’’Ujarnya singkat.

Melalui proses yang panjang kata Romo Alfons, pada akhirnya tahta suci Vatikan melalui Paus Fransiskus memutuskan dan mengumumkan Uskup terpilih Keuskupan Ruteng ‘’Maka pada malam yang bahagia ini, dengan penuh syukur sukacita dan bahagia, saatnya saya sampaikan nama Uskup baru kita,’’Ungkapnya.

Umat Keuskupan Ruteng, sedang berdoa sambil menunggu diumumkannya Uskup Baru

Foto : Kominfo

Tepuk tangan dan sorak sorai para Imam, suster serta umat yang memadati Gereja Katedral menggema, selepas Romo Alfons Segar menyebut nama Sekretaris Jenderal Eksekutif Konverensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Siprianus Hormat,pr sebagai Uskup yang baru.

Romo Siprianus Hormat adalah Imam kelahiran Cibal Kabupaten Manggarai, NTT 16 Juli 1966. Ia memulai pendidikan dasar di SDK R’ii dari tahun 1974-1980, kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertama dan menengah atas di SMP-SMA Seminari Pius XII Kisol tahun 1980 - 1986.

Kemudian melanjutkan studinya di Sekolah Tinggi Filsafat Ledalero dari tahun 1987-1991 dan di tempat yang sama melanjutkan studi teologi dari tahun 1993-1995.

Imam yang ditahbiskan tahun 1995 ini, pernah menjabat ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng dan menjadi Pastor Kapelan di Paroki Cewonikit tahun 1996.

Negeri Pizza Italia adalah tempat pelabuhan Romo Sipri berikutnya untuk melanjutkan studi  dan kursus formasi Gregoriana dari tahun 2001- 2002 di Universitas Lateran Italia.

Sebelum terpilih sebagai Sekjen Eksekutif KWI pada sidang tahunan KWI tahun 2016 silam, Romo Sipri juga pernah menjabat ketua Unio Indonesia.

Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus, S.H.,M.H mengapresiasi dan menyambut baik atas terpilihnya Uskup Baru ''saya tentu berbahagia sekali, bukan hanya saya, tetapi bersama keluarga, Pemerintah dan seluruh masyarakat Manggarai. Rahmat ini kita sambut dengan sukacita,''Ujar Bupati Kamelus saat dihubungi Tim Humas dan Protokol melalui sambungan telepon.

Tadi saya sudah kirim pesan WA ke Beliau (Romo Sipri) dan sangat berharap umat di Keuskupan Ruteng semakin solid,''Katanya.

Bupati Deno yang saat ini sedang bertugas ke Jakarta mengatakan, diumumkannya nama Uskup baru Ruteng adalah jawaban atas doa-doa yang didaraskan umat Keuskupan Ruteng selama ini '' Kita patut bersyukur pada Tuhan atas dikabulkannya doa-doa kita selama ini,''Ungkapnya.

Bupati Deno juga menyampaikan terima kasih kepada Administrator Keuskupan Ruteng yang juga Uskup Denpasar Mgr. Silvester San,pr selama memimpin di Keuskupan Ruteng selama kurang lebih dua tahun ''Saya menyampaikan terima kasih kepada Mgr. Silvester San karena telah memimpin Gereja Katolik Manggarai selama ini. Pada masa itu Mgr. Silvester San telah menunjukan kepemimpinan dan komunikasi yang luar biasa dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai dan berjalan dengan baik,''kata Bupati Kamelus.

Beliau juga berharap agar Mgr. Silvester tetap dikaruniai rahmat kesehatan di masa yang akan datang, selama memimpin Keuskupan Denpasar.    (ars)