Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Matias Masir, Duduki Jabatan Ketua DPRD Manggarai 5 Tahun Mendatang

Tanggal update: 02 Oct 2019 08:09, oleh: Aris

Ruteng - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai dari Partai Amanat Nasional (PAN), Matias Masir S.pd resmi menduduki jabatan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai periode 2019-2024.

lantik DPRD

 

Acara pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai tersebut dilaksanakan dalam rapat paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Manggarai, Selasa (1/10/2019).

Pengambilan sumpah atau janji ketua DPRD terpilih, dipimpin ketua Pengadilan Negeri Ruteng Sarlota Marselina Suek, S.H.

Matias Masir akan menggantikan ketua lama yang dijabat Kornelis Madur,SP dari partai Gerindra.

Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur bernomor PEM.172.1./II/366/IX/2019 tanggal 23 september 2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai masa jabatan 2019-2024 dan surat Bupati Manggarai nomor 130/164/IX/2019 tanggal 19 september 2019 perihal usulan peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai periode 2019-2024,  dibacakan Sekretaris Dewan Hendrik Amal.

Selain pengambilan sumpah atau janji ketua DPRD, ketua pengadilan juga mengambil sumpah atau janji dua orang wakil ketua DPRD, yakni Soe Flavianus dari Nasdem dan Simprosa R Gandut, S.AP dari Golkar, didampingi saksi Rohaniwan  Romo Beni Bensi,pr.

Ketua DPRD terpilih Matias Masir mengatakan, dengan dilantiknya pimpinan DPRD definitif maka tugas DPRD segera dapat berkoordinasi dengan baik dan berjalan secara optimal sesuai kedudukan dan fungsinya sebagaimana penegasan undang-undang nomor 17 tahun 2014 pasal 364 DPRD kabupaten atau kota, merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan kabupaten atau kota.

Lebih lanjut dikatakan Masir, pada pasal 365 DPRD kabupaten atau kota mempunyai 3 fungsi dewan dan 3 fungsi dewan merupakan  kedudukan yang sangat strategis dan memiliki kewenangan sebagai lembaga politik, antara lain ; bersama kepala daerah menentukan kebijakan-kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah.

Penegasan ini kata Matias, sekaligus menjadikan lembaga dewan yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat dengan pemerintah daerah atau executif.

oleh karena itu jelasnya, legislatif dan mitra executif bersama-sama mendukung program sesuai skala prioritas dibawah pengawasan baik legislatif maupun executif, sehingga dalam penganggaran dan penyebaran kegiatan, sesuai kebutuhan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Manggarai.

Sementara itu, Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,S.H.,M.H mengatakan, DPRD merupakan bentuk legitimasi dan pengakuan terhadap pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai sesuai penetapan pejabat yang berwenang untuk melaksanakan tugas sebagai pimpinan sesuai ketentuan perundang-undangan sampai masa akhir jabatan.

lantik DPRD 2

 

Dijelaskan Bupati Deno, fungsi lembaga DPRD Manggarai ada 3, yakni pembentukan peraturan daerah, anggaran dan pengawasan.

Menurutnya, dalam melaksanakan fungsi diatas peran pimpinan DPRD Kabupaten Manggarai sangat penting dan strategis untuk memastikan bahwa pelaksanaan fungsi berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan menghasilkan keluaran atau out put yang berpihak kepada kepentingan masyarakat berupa peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, khususnya di Kabupaten Manggarai "Pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya atas nama seluruh masyarakat Manggarai dan Pemerintah Daerah menyampaikan profisiat kepada ketua dan wakil-wakil ketua DPRD,"Ujar Bupati Kamelus.

Posisi pimpinan ketua DPRD Manggarai kata Bupati Deno, diperoleh karena Tuhan sendiri yang memberi kesempatan kepada ketua dan wakil -wakil ketua, yang dilantik "Harapan Saya mewakili Pemerintah, pribadi dan seluruh masyarakat Manggarai kepada pimpinan DPRD terpilih untuk menjadi penyalur berkat bagi masyarakat,"Pinta Bupati Kamelus.

"Rakyat Manggarai adalah pemilik kedaulatan, maka kepada merekalah kita mengabdi. Mengabdi bersama mereka keluar dari ketertinggalan, membuat mereka dapat menolong diri dan keluarganya dari kemiskinan, sehingga dapat mengakses kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, air minum bersih dan lainnya,"Tuturnya.

Ia juga mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan positif bagi pimpinan DPRD Manggarai terpilih, sehingga dapat melaksanakan tugas serta dapat memanfaatkan relasi formal dan non formal dalam memberikan masukan "Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak dan unsur Forkopimda yang dengan caranya masing-masing menyukseskan acara ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa menolong dan menuntun kita dalam membangun masyarakat Manggarai sesuai Visi kita bersama, yakni Manggarai yang maju, makmur, sejahtera, adil dan merata serta diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa,"Pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Drs.Angkat Anglus,M.Si, Pimpinan OPD, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Anggota DPRD terpilih periode 2019-2024, Dandim 1612 Manggarai Letkol inf.Rudi  Markiano Simangunsong, Kapolres Manggarai Cliffry Stenny Lapian, Tim Penggerak PKK, Organisasi Wanita, serta insan pers.    (aris/febri)