Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati dan Wakil Bupati Panen Melon dan Semangka di Kebun Kodim 1612 Manggarai

Tanggal update: 20 Aug 2019 13:48, oleh: Aris

Ruteng - Hasil panen buah semangka dan melon yang ada di kebun Kodim 1612 Manggarai, turut dicicipi Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus, S.H., M.H dan Wakilnya Drs.Victor Madur ditemani Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf.Rudi Markiano Simangunsong, Kamis (8/8/2019)

Kebun yang berada di sebelah barat Bandara Frans Sales Lega Ruteng ini memiliki luas areal hampir 2,5 hektar. Selain semangka dan melon juga  ditanami cabe, terong, tomat dan buncis.

Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf.Rudi Markiano Simangunsong tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya "Awalnya memang sulit,  namun berkat kerja keras sehingga kita bisa nikmati hasilnya,"Ujarnya.

Bupati Manggarai didampingi Dandim 1612, sedang mencicipi semangka

Foto ; Kominfo

Bupati Deno Kamelus mengatakan Pemerintah akan mencari bibit untuk dataran tinggi, karena dataran rendah sudah teruji dan hasilnya baik " Kalau di dataran tinggi bisa jadi, berarti dataran sedang dan rendah juga bisa, karena daerah kita di Manggarai ada yang dataran tinggi, sedang dan rendah,"Ungkapnya.

Pemerintah kata Bupati Deno, akan terus mendukung para petani agar terus menanam "Dua petak saja, hasilnya hampir tiga ratus buah, kalikan saja kalau harganya tiga puluh ribu, sudah sembilan juta didapat,"Jelasnya.

Menurutnya, untuk menghasilkan sebuah out put produk harus secara integrasi dan bukan secara parsial "Dinas Pertanian buat apa, Peternakan buat apa, Perdagangan buat apa, begitu juga Dinas terkait lain,"Terangnya.

"Contoh Dinas Pertanian siapkan bibit, mulsa, pupuk, green house, traktor kecil. Lalu PPL dampingi petani dan fasilitasi pembentukan kelompok-kelompok. Dinas Peternakan bantu siapkan sapi dan babi untuk nanti hasilkan pupuk lalu Dinas Perdagangan pasarkan hasil-hasil para petani,"Paparnya

Ia meminta para petani untuk lakukan Diversifikasi pertanian, di mana dinas terkait akan memperbanyak Varian yang akan ditanami petani.

Lebih lanjut dijelaskan, sektor pariwisata sudah menjadi prime over. Kontribusi yang dilakukan untuk mendukung pariwisata adalah menyuplai hasil-hasil holtikultura  "Tomat, buncis, sayur-sayuran dibawah ke hotel-hotel. Kita dukung pariwisata dengan ini, disamping budaya bersih, sikap dan tentunya sisi akomodasi,"Tutupnya.  (ars)

Sebagian tanaman yang ditanam di kebun Kodim 1612 Manggarai.

Foto : Kominfo