Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Wabup Victor Madur Buka Puasa Bersama Umat Muslim Nanga Pa'ang

Tanggal update: 31 May 2019 09:26, oleh: Aris

Ruteng - Pemerintah Kabupaten Manggarai dibawah kepemimpinan Deno-Madur, setiap tahun rutin mengadakan buka puasa bersama umat Muslim yang ada di Kabupaten Manggarai.

Setelah beberapa minggu lalu Bupati dan Wakil Bupati buka puasa dengan umat Muslim di Kecamatan Langke Rembong dan Kecamatan Reok Barat, kali ini giliran umat Muslim di Nanga Pa'ang Desa Legu Kecamatan Satar Mese mendapat kunjungan Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur untuk buka puasa bersama, Rabu (30/5/2019).

Namun buka puasa kali ini tanpa dihadiri Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus, S.H., M.H karena sedang berada di Kabupaten Ende dalam rangka melayat dan mengikuti acara pemakaman Bupati Ende Marsel Petu.

Tiba pukul 04.30 wita, Wakil Bupati Victor Madur dan rombongan langsung diterima adat Tuak Curu dan pengenaan selendang disamping Masjid Al Mukmin Nanga Pa'ang oleh tokoh adat setempat.

Wakil Bupati didampingi Dandim 1612 dan Kapolres Manggarai, Menerima Tuak Curu Dari Toko Adat Setempat.  Foto : Aris

Wabup Victor Madur dan rombongan kemudian diarak group ronda menuju tenda buka puasa.Penerimaan adat Manuk Kapuk untuk orang nomor dua di Manggarai tersebut kembali dilakukan toko adat dan toko masyarakat serta umat muslim Nanga Pa'ang.

Acara berlanjut dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustad Adam Yahya Seroni dan Saritilawah dibawahkan Lukman Hakim.

Wakil Bupati saat Menerima Manuk Kapu disaksikan Dandim 1612, Kapolres Manggarai, Camat Satar Mese dan Pimpinan OPD.     Foto : Aris 

Sementara Ustad Sahrul Azis dalam Tauziah atau renungan puasa menjelaskan beberapa poin puasa, yakni, pertama dalam ajaran Agama Islam puasa Ramadhan wajib hukumnya diawali niat dan niat ini dilakukan di malam hari serta tidak boleh dilakukan saat masuknya sholat subuh "Dengan Niat inilah maka seseoarang bisa membuat langkah-langkah aktifitas, amal-amal, dan mencapai tujuan apa yang Dia niatkan,"Jelas Ustad Aziz.

Menurut Ustad Aziz, puasa yang diwajibkan ALLAH kepada umat Islam memiliki hikmah yang besar dan menjadikan umat Islam yang berpuasa menjadi orang hebat, untuk itu setiap amal dan pekerjaan harus diawali dengan niat.

yang kedua, dalam puasa umat Islam ada persiapan-persiapan , diantaranya persiapan ilmu.Ilmu ini bisa didapat dengan mengikuti majelis taklim, Kultum di Masjid, Pengajian-Pengajian.Intinya menuntut ilmu tentang puasa itu sendiri. kedua, persiapan mental dengan Sholat Tarawih yang dimulai jam 10.00 hingga 12.00 malam bahkan hingga subuh. Ketiga, persiapan fisik dengan cara Sahur.Kalau Tiga hal ini dibuat umat Islam, maka hal ini sempurna "Ilmu Dia dapat, Mental Dia dapat, Fisik juga Dia dapat. Saatnya berpuasa mulai Subuh hingga Magrib,"Kata Ustad Aziz.Sementara poin yang Ketiga lanjut Ustad Azis, menjalani amal dengan aturan yang benar.

Wakil Bupati Manggarai Victor Madur saat menyampaikan sambutan mengatakan, berpuasa bagi umat Islam merupakan hal yang wajib dilakukan menuju hari kemenangan "Meski sedang berpuasa, Saya senang muka-muka Bapak Haji dan Ibu-ibu disini tetap berseri - seri dan gembira, Itu sangat luar biasa.Berpuasa harus dari hati dan niat yang tinggi, jangan berpura-pura puasa, Kalau umat berpuasa, ALLAH pasti campur tangan dalam umat yang berpuasa,"Ujar Wabup Madur.

Dijelaskan Wabup Victor Madur, berpuasa harus sesuai hati, kepribadian dan pikiran dan bukan karena orang lain " Jangan puasa lihat orang lain, harus dari diri Kita sendiri, dari hati Kita, Itu semua sesuai Syariat dan àjaran Agama,"Tandas Wabup Madur.

Wabup Victor Madur mengajak umat Muslim Nanga Pa'ang agar mengikuti ajaran Nabi Muhammad yang selalu mengajarkan tentang kebaikan "Setiap Agama apapun pasti sama, mengajarkan tentang kebaikan dan kebenaran, tujuannya juga sama hanya beda cara pelaksanaanya,"Tegas Wabub Madur.

"Saya juga bangga sore ini, banyak umat Muslim yang hadir, hal ini bisa merajuk kebersamaan, kekeluargaan, dan persaudaraan yang tercabik-cabik saat Pileg Tujuh Belas April lalu,"Sambung Wabup Madur.

Dalam acara buka puasa ini, Wakil Bupati turut didampingi, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD, Dandim 1612 Manggarai Rudi Markiano Simangunsong, Kapolres Manggarai Cliffry Stenny Lapian, Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Sukoco.

Saat buka puasa ini,diserahkan juga bantuan dana Pembinaan dari Kementerian Agama Kabupaten Manggarai kepada Majelis Taklim Al - Mu Minin Nanga Paa'ang sebesar Rp.7.000.000 (Tujuh Juta Rupiah). 

Hadir juga Camat Satar Mese Damianus Arjo, Kapolsek Satar Mese Gabriel, Danramil Satar Mese Fernando, Imam Masjid Al Mukmin Nanga Pa'ang Haji Junaidin,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Umat Muslim Nanga Pa'ang dan sekitarnya.      (ars)

Wakil Bupati Menyalami Umat Muslim saat tiba di Nanga Pa'ang.  Foto : Aris