Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Kamelus Buka Musrenbang RKPD TA 2020

Tanggal update: 26 Mar 2019 12:45, oleh: Aris

Ruteng : Bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai,Senin (25/3/2019) Bupati Manggarai secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2020.

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Propinsi NTT Kosmas D Lana,S.H,M.Si,Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur,Sekretaris Daerah Mansetus Mitak,S.H,Wakil Ketua DPRD Manggarai Paulus Peos,SP,anggota DPRD,Pimpinan OPD,Unsur Forkopimda,para camat,lurah,Tokoh Masyarakat,LSM,Akademisi,Pengusaha,Investor,Organisasi Perempuan,ASN Lingkup Pemkab Manggarai serta Insan Pers.

Bupati Manggarai sedang memberikan sambutan saat pembukaan Musrenbang RKPD

di Aula Ranaka Kantor Bupati.  Foto : Aris

Bupati Manggarai Deno Kamelus dalam sambutannya mengatakan RKP tahun 2020 untuk kabupaten Manggarai adalah mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang merata melalui peningkatan kualitas dan perluasan infrastruktur serta pengembangan potensi pariwisata.

Musrenbang menurut Bupati Deno Kamelus merupakan forum pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020.

Bupati Deno Kamelus menjelaskan pelaksanaan Musrenbang merupakan kelanjutan dari suatu rangkaian proses perencanaan pembangunan daerah yang dimulai dari tingkat desa sampai tingkat pusat.

Dijelaskan Bupati Deno Kamelus pelaksanaan Musrenbang bertujuan melakukan penajaman,penyelarasan,klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKP kabupaten Manggarai yang mencakup,pertama menyepakati permasalahan pembangunan dan kedua menyepakati prioritas-prioritas pembangunan daerah "Menurut Saya,kalau Kita menyadari betul fungsi sebuah perencanaan atau Planning maka kegiatan Musrenbang ini merupakan kegiatan yang sangat Vital.Kalau perencanaan bagus 30% persoalan selesai.Saya mohon perhatian Kita semua agar jangan main-main dengan perencanaan,"Tegas Bupati Kamelus.

Pimpinan Perangkat Daerah sedang mengikuti kegiatan Musrenbang RKPD

di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai.  Foto : Aris

Ketua pelaksana Musrenbang yang juga menjabat Kepala BAPPEDA Manggarai Adrianus Empang,S.Sos menerangkan pelaksanaan Musrenbang secara bertahap pada level pemerintah dimaksudkan untuk memperoleh usulan-usulan dan rencana pembangunan daerah dan nasional berdasarkan skala prioritas pembangunan sesuai arah kebijakan pembangunan daerah dan nasional.

Dijelaskan Adi Empang Prioritas pembangunan selalu diutamakan dalam menentukan kualitas usulan berdasarkan hasil Musrenbang.Sementara tujuannya menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan dan sasaran pembangunan provinsi.

Selanjutnya mengklarifikasi program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah kabupaten pada Musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan dan atau sebelum Musrenbang kabupaten dilaksanakan.

Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah kabupaten.Menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

Sementara sasaran kegiatan Musrenbang kata Adi Empang untuk menyepakati tentang daftar prioritas program dan kegiatan pembangunan dan alokasi pagu indikatif yang berdasarkan program perangkat daerah.

Ditempat yang sama wakil Ketua DPRD Manggarai Paulus Peos mengatakan forum Musrenbang memiliki arti penting,sebab melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman,penyelarasan dan klarifikasi sehingga tercapai kesepakatan rancangan RKPD kabupaten Manggarai tahun 2020 yang telah disusun.

Hal ini sesuai dengan Permendagri nomor 86 tahun 2017 yang menyatakan bahwa Musrenbang dilaksanakan untuk pembahasan dalam rangka menyepakati masalah pembangunan,prioritas pembangunan,arah kebijakan pembangunan,pagu indikatif dan indikator serta penyelarasan antara program kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional.

Selain itu jelas Paul Peos RKPD mempunyai peran dan fungsi yang strategis dalam penyelenggaran pemerintah daerah.Hal tersebut sesuai ketentuan pasal 263 ayat 4 Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pembangunan daerah bahwa RKPD merupakan penjabaran dari RPJMD.

Dalam kegiatan ini selain pemaparan materi oleh Bupati dan Asisten Administrasi Umum,juga dilakukan penyerahan pokok-pokok pikiran DPRD kepada pemerintah dilanjutkan diskusi kelompok,pemaparan hasil diskusi kelompok,pleno penyepakatan hasil-hasil diskusi,pembahasan rancangan awal RKPD dan penandatangan berita acara Musrenbang.   (ars)

Wakil Ketua DPRD menyerahkan Pokir ke Bupati Manggarai.  Foto : Aris