Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Dukung Program TMMD,Kodim 1612 Manggarai Buka Jalan Sejauh 6,6 Km.

Tanggal update: 27 Feb 2019 13:41, oleh: Aris

Ruteng - Dengan tema Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan umat Serta Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dab Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodim 1612 Manggarai melaksanakan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ditandai dengan upacara bendera yang berlangsung di Lapangan SDI Watu Baur,Desa Watu Baur Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai.

Bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,S.H,M.H,perwira upacara Pasi Min Kodim 1612 Lettu Inf.Simon Halek dan komandan upacara Pasi Ops Kodim 1612 Kapten Inf.Gede Wira Mahardika.

Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf.Rudi Markiano Simangunsong,S.Sos mengatakan pihaknya akan terus mendukung pemerintah daerah Manggarai dalam membangun daerah tertinggal.

Menurut Dandim Rudi desa Watu Baur dan kampung Lada di desa Rura sangat membutuhkan akses jalan dan tentunya TNI sepenuhnya terlibat dalam proses pembangunan jalan yang akan menghubungkan dua desa tersebut.

Desa watu baur dan kampung Lada di desa Rura kata Dandi Rudi,sebelumnya sudah disurvey atas usulan dari masyarakat sebagai lokasi TMMD ke 104 tahun 2019 ''TNI akan terus mendukung setiap pembangunan yang sedang dan akan berjalan di daerah ini (Manggarai-red),termasuk di desa Watu Baur dan Rura,''Ujar dandim Rudi. 

Senmentar itu Bupati Manggarai Deno Kamelus mengatakan Program TMMD secara umum merupakan bagian dari komitmen TNI AD dalam membangun bangsa dan negara terutama menyukseskan kerja-kerja pemerintah daerah.

Menurut Bupati Deno Kamelus,TNI secara bersama -sama dan berkelanjutan ikut ambil bagian secara aktif dalam kegiatan pembangunan di pedesaan khususnya daerah tertinggal,terisolasi,perbatasan dan kumuh diperkotaan serta terdampak bencana.

Dijelaskan Bupati Deno Kamelus,keterlibatan TNI dalam mendukung pembangunan di kabupaten Manggarai akan sangat membantu dalam hal terwujudnya Visi-Misi kabupaten Manggarai,yakni Manggarai yang maju,makmur,sejahtera,adil dan merata serta di Ridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam kegiatan TMMD ke 104 ini,beberapa kegiatan pekerjan fisik dilakukan,antara lain,pembangunan jalan dari kampung Racang Desa Watu Baur kecamatan Reok menuju kampung Lada Desa Rura kecamatan Reok Barat sejauh 6,6 Km,pembuatan 7 unit deuker,pembuatan 2 unit poskamling dan perehaban Kapela Stasi Racang.

Sementara kegiatan non fisik atau penyuluhan meliputi bela negara,pertanian,kesehatan dan KB,bahaya narkoba,hukum,bencana alam,peternakan,rekrutmen prajurit TNI,bahaya radikalisme,bakti sosial meliputi pembagian sembako,pasar murah dan pengobatan massal.

Informasi yang dihimpun Media ini,selesai mengikuti upacara Bupati Deno Kamelus,Kasrem 161 Wirasakti Kolonel CZI Aji Jaya,Dandim 1612 Manggarai Lerkol Inf.Rudi Markiano Simangunsong,Kapolres Manggarai AKBP Cliffry Stenny Lapian bersama pimpinan OPD melakukan peninjauan lokasi pembuatan jalan dari kampung Racang Desa Watu Baur kecamatan Reok menuju kampung Lada Desa Rura kecamatan Reok Barat sepanjang 6,6 Km.

Selanjutnya rombongan melakukan uji coba kapal KMH Pulau Mules GT 38 bantuan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI untuk BumDes Desa  Nuca Molas Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai.

Direncanakan kegiatan upacara penutupan TMMD ke 104 tahun 2019 dilaksanakan hari Kamis,(28/3/2019) bertempat di Desa Watu Baur kecamatan Reok kabupaten Manggarai.   (ars)