Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Sejumlah Siswa Datangi Kantor Kominfo Manggarai

Tanggal update: 21 Feb 2019 10:22, oleh: Aris

Ruteng –Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Informatika Santu Petrus Ruteng,Rabu (20/2/2019) mendatangi Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Manggarai.

Kedatangan puluhan siswa didampingi dua orang guru,Ibu Elsa Sambang dan Elen Fernandes diterima langsung Kepala Dinas Kominfo Manggarai Drs.Silvanus Hadir,MMA,Sekretaris Dinas Kominfo Ir.Micha O Dima,Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Metodius Santosa Jemat,ST,Kepala Bidang Persandian dan Statistik Drs.Aloysius Gonsaga Jegaut,para kepala seksi serta staf di Dinas kominfo.

Tiba di kantor yang terletak di Jalan Soekarno Kelurahan Pau Kecamatan Langke Rembong tersebut,para siswa dan kedua guru pendamping kemudian diarahkan para pegawai menuju Aula Dinas Kominfo.

Sebelum mengutarakan maksud kedatangan,para siswa dan guru pendamping terlebih dahulu bersalaman dan menyapa para pegawai di Dinas tersebut dalam suasana kekeluargaan.  

Salah seorang guru pendamping Ibu Elsa Sambang mengatakan tujuan kedatangan para siswa SMK Informatika Santu Petrus,untuk melakukan Kunjungan Perusahaan (Visit Campeny) sesuai program yang ditetapkan disekolah tersebut.

Elsa Sambang menjelaskan kunjungan perusahaan(Visit campeny) para siswa,selain untuk mengenal lembaga atau instansi yang dikunjungi dalam hal ini Dinas Kominfo Manggarai,juga mau mengidentifikasi lebih jauh terkait jurusan yang sedang digeluti para siswa,seperti teknik komputer jaringan dan multi media ‘’dua jurusan ini sebenarnya mengidentifikasi terkait konsep desain,gambaran proses produksi di Dinas Kominfo ini seperti apa,jadi mereka ini (siswa-red) mau mengetahui lembar kerja dan proses produksi dari dinas Kominfo,’’Katanya.

Kemudian kata Elsa,para siswa juga lebih dini diperkenalkan dengan dunia kerja,khususnya lembaga pemerintah ‘’Jadi ketika nanti mereka terjun ke dunia kerja,sudah siap dan tahu betul gambaran dunia kerja itu seperti apa dan siap pakai,’’Imbuhnya.

Dijelaskan Elsa,beberapa kegiatan para siswa selama berada di Dinas Kominfo,diantaranya mendengarkan pemaparan campeny profile oleh Dinas Kominfo,kemudian observasi dan wawancara di bidang-bidang yang terkait dengan jurusan para siswa ‘’Mereka akan melihat secara langsung seperti apa proses kerja disini (Kominfo-red),’’Paparnya.

Guru yang mengajar kewirausahaan ini berharap,agar para siswa ke depan bisa menjadi tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi yang mumpuni,khususnya dibidang mereka masing-masing.

Kadis Kominfo sedang memberikan arahan,kepada para siswa

foto : Kominfo

Sementara itu dalam arahannya,kepala Dinas Kominfo Silvanus Hadir mengatakan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 9 tahun 2016,Dinas Kominfo merupakan pecahan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan saat ini telah menjadi dinas otonom serta menjalankan tugas berkaitan dengan komunikasi,informasi,statistik,dan persandian.

Dijelaskannya,secara umum tugas Dinas Kominfo membantu Kepala Daerah (Bupati) dalam hal menyuplai informasi publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan,pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

Lebih lanjut,Kadis Silvanus Hadir menerangkan sejak tahun 2018 penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten Manggarai dimulai dengan pelaksanaan e-governmen yang di dalamnya mencakup e-budgeting dan e-planning atau sistem penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik.

Di dalam penyelenggaraan pemerintahan,pembangunan dan kemasyarakatan secara elektronik tersebut baru ada dua yang diterapkan di kabupaten Manggarai,yakni e-budgeting dan e-planning atau perencanaan dan penganggaran secara elektronik.

Terkait Penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik lanjut Kadis Silvanus hadir,beberapa waktu lalu telah di tanda tangani MOU antara Bupati Manggarai dengan pemerintah Kabupaten Batang-Jawa Tengah ‘’Menurut KPK,kabupaten Batang merupakan penyelenggara pemerintahan terbaik dalam pelayanan kemasyarakatan dan pemerintahan pembangunan secara elektronik,itu Versi KPK,’’Ujarnya.

Pada Dinas kominfo sambung Kadis Silvanus Hadir,terdapat beberapa Media komunikasi, pertama Media Website di mana media ini digunakan dalam rangka pihak luar atau masyarakat mengetahui apa saja program dan kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan di kabupaten Manggarai.

Kedua,Papan Informasi yang berisikan informasi-informasi agar diketahui masyarakat melaui papan informasi atau baliho-baliho yang dipasang .

Ketiga,Kelompok Informasi Masyarakat (KIM),kelompok KIM ini dibentuk dan dipakai oleh pemerintah untuk menyalurkan sejumlah informasi pembangunan kepada masyarakat luas,dimana kelompok tersebut dibentuk ‘’Disitu ada Informasi apa saja terkait pemerintahan,penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.Tugas kami membentuk dan memberikan sejumlah perangkat yang dibutuhkan dalam rangka memperlancar arus komunikasi dari kelompok ini kepada masyarakat,’’Terangnya.

Keempat,Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Manggarai.Terkait RSPD sejak 1 januari 2019 tidak mengudara (off-air) dikarenakan kedepan masih disesuaikan dan dibenahi terkait managemen ‘’ Kalau nanti sudah dipersiapkan segala sesuatu,diharapkan radio bisa on air kembali dalam rangka memperlancar informasi dari dan ke masyarakat,’’Tuturnya.

Selama dua hari berada di Dinas Kominfo,yakni Rabu dan Kamis (20-21 Februari) Para siswa SMK Informatika Santu Petrus akan melakukakan observasi dan wawancara terkait Komputer Jaringan,Multi Media,Rekayasa Perangkat Lunak serta proses penggunaan server.    (ars)

Para Siswa sedang bertanya tentang penggunaan Server kepada Kabid Persandian dan Statistik

Foto : Kominfo