Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Kamelus Minta Pimpinan OPD terlibat Sepenuhnya Dalam Implementasi E-government

Tanggal update: 14 Feb 2019 20:00, oleh: Aris

Ruteng - Salah satu unsur penting dari penerapan aplikasi e-governmen yang didalamnya terdapat aplikasi e-planning dan e-budgeting adalah terjadinya transformasi penyelenggaran pemerintahan menjadi lebih efektif,efisien,transparan,dan akuntabel dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi menuju pemerintahan yang baik  (good government).

Oleh karena itu keberhasilan penerapan aplikasi ini tidak sepenuhnya diserahkan kepada perangkat daerah tertentu,tetapi sangat bergantung pada komitmen dan peran serta pengambil kebijakan diseluruh kabupaten Manggarai ‘’Oleh karena itu saya menginstruksikan kepada seluruh pimpinan perangkat daerah lingkup pemerintah kabupaten Manggarai untuk terlibat sepenuhnya dalam mengimplementasikan e-governmen ini,termasuk didalamnya adalah aplikasi e-planning dan e-budgeting.Integrasi e-planning dan e-budgeting merupakan solusi dari ketidaksinkronan perencanaan dan penganggaran,’’Kata Wakil Bupati Drs.Victor Madur ketika membacakan sambutan Bupati Manggarai,saat pembukaan kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan di Aula Kantor Camat Rahong Utara,Rabu (13/2/2019).

 

Peserta Musrenbang Tingkat Kecamatan Rahong Utara.  Foto : Sekretaris Kominfo Ir.Micha O Dima 

Berkaca pada kondisi tersebut,maka penerapan e-planning dan e-budgeting diharapkan mampu membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran menjadi lebih partisipatif,transparan,akuntabel,serta dapat dikontrol oleh masyarakat secara online.

Kegiatan Musrenbang ini kata Wakil Bupati Victor Madur,merupakan perintah undang-undang nomor 2 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah yang dijabarkan lebih lanjut dalam permendagri 86 tahun 2017 yang secara khusus menyebutkan tentang penyelenggaraan MUSRENBANG RKPD sebagai forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan mempunyai beberapa tujuan,antara lain ; membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan bersangkutan,membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa,menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat daerah Kabupaten/kota.

Hasil dari Musrenbang Kecamatan ini kemudian akan dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2020 Lingkup Pemerintah kabupaten Manggarai.

Mekanisme perencanaan menurut Wakil Bupati Victor Madur,sama dengan tahun sebelumnya,yakni melaksanakan sistem perencanaan yang berbasis website.Pada tahun ini penerapan e-planning sampai pada tahap perencanaan perubahan APBD kabupaten.

Penerapan aplikasi e-planning ini dimulai dari tahapan perencanaan tingkat desa/kelurahan,tingkat kecamatan,sampai tingkat kabupaten dengan memperhatikan kriteria (platform) ; tugas pokok dan fungsi masing-masing perangkat daerah,proirotas Nasional,Propinsi dan kabupaten,Evaluasi kinerja Bupati Mangarai/Wakil Bupati Manggarai dan evaluasi RPJMD pada RKT tahun sebelumnya pada masing-masing perangkat daerah,memperhatikan distribusi kewenangan desa dan kewenangan kabupaten yang berdasarkan pada besaran alokasi anggaran setiap program/kegiatan,kemampuan keuangan daerah serta berbasiskan data yang valid sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

Wakil Bupati Victor Madur menjelaskan ada beberapa tujuan dari penerapan e-planning dan e-budgeting,yakni memastikan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan tepat waktu,tepat mutu dan tepat sasaran,untuk memastikan konsistensi antara perencanaan dan penganggaranya,mendukung tata kelola pemerintahan yang baik ( good government) sesuai undang-undang nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan Negara yang bersih,bebas korupsi,kolusi dan nepotisme.

Lebih lanjut Wakil Bupati Victor Madur menyampaikan prioritas pembangunan kabupaten Manggarai tahun 2020,sebagai berikut ;

  1. Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Penerapan Pola Simantri.
  2. Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Infrastruktur.
  3. Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.
  4. Optimalisasi Pengembangan Potensi Wisata.

“Prioritas-prioritas inilah yang akan menjadi panduan kita dalam menyusun program dan kegiatan-kegiatan prioritas yang nantinya akan berdampak pada tercapainya prioritas-prioritas daerah tersebut diatas.Empat prioritas diatas diharapkan mampu membawa Manggarai ke arah yang lebih maju,makmur dan sejahtera,’’Ujar Wakil bupati Victor Madur.

Bupati Manggarai melalui kesempatan tersebut juga mengingatkan bahwa hasil Musrenbang adalah salah satu bahan masukan dalam penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Mari kita bersama saling menyesuaikan diri,jauhkan kepentingan parsial masing-masing dan pusatkan perhatian pada kepentingan bersama,musyawarahkanlah pilihan prioritas berdasarkan isu-isu strategis masing-masing Desa dengan Perangkat Daerah kabupaten,satukanlah semua itu menjadi pilihan prioritas Kecamatan dan selanjutnya menjadi prioritas Kabupaten,’’Katanya.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Victor Madur juga menyerahkan bantuan berupa 1 unit laptop dan 1 unit Infokus kepada kepala sekolah Satu Atap Rangkang Kalo,Desa Benteng Tubi kecamatan Rahong Utara.

 

Wakil Bupati Manggarai menyerahkan bantuan kepada Kepala Sekolah SATAP Rangkang Kalo. Foto : Sekretaris Kominfo,Ir Micha O Dima 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemkab Manggarai,anggota DPRD Dapil Rahong Utara Florianus Kampul,Forum koordinasi pimpinan kecamatan,para lurah,kepala desa dan jajarannya,tokoh masyarakat,tokoh agama,serta pimpinan LSM.   (ars)