Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Pantau Penanganan Longsor Jalur Ruteng - Reo, Wakil Bupati Manggarai Minta Warga Tetap Waspada

Tanggal update: 14 Feb 2019 09:28, oleh: Aris

Tingginya curah hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Manggarai beberapa hari terakhir ini menyebabkan jalan Ruteng - Reo kembali putus. Hari Rabu, 13 Februari 2019 bencana longsor terjadi di Kilometer 5, tepatnya di Pekuburan Cina dan Golo Ncireng, Kelurahan Karot Ruteng.

Longsoran yang terdiri dari material berupa tanah dan bebatuan menutup seluruh badan jalan yang menghubungkan Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai dengan wilayah utara Reo dan sekitarnya.

Peristiwa yang menyebabkan putusnya jalur yang menutup seluruh badan jalan negara selama beberapa jam tersebut, diperkirakan terjadi pukul 15.30 Wita. Akibatnya puluhan kendaraan roda empat dan roda dua dari tidak bisa melintas.

Wakil Bupati Manggarai Drs. Victor Madur langsung menuju lokasi longsoran setelah mendapat informasi dari masyarakat dan pengguna jalan. Dirinya kemudian memimpin langsung aksi penanganan darurat bersama instasi terkait yaitu Dinas PUPR dan BPBD Kabupaten Manggarai bersama warga sekitar.

Alat berat dioperasikan untuk membuka kembali akses yang selama ini sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian di wilayah ini, terutama pemenuhan BBM.

Kendati hujan terus mengguyur sampai pukul 18.00 Wita, Wakil Bupati Victor Madur terus memantau jalannya pembersihan material longsoran agar dapat segera dilewati oleh kendaraan roda empat dan roda dua. Tampak di lokasi Kepala BPBD, Drs Libert Habut dan anggota Polisi Pamong Praja yang mengatur para pengendara untuk melewati tempat longsoran dengan aman sampai seluruh proses penanganan selesai. Saat ini jalur Ruteng-Reo kembali dapat dilalui. Meski demikian, Wakil Bupati Victor menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap waspada terutama saat musim penghujan seperti sekarang ini. (Tim Humaspro Manggarai)