Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Wabup Madur : Petugas Pro Aktif Perangi Polio

Tanggal update: 10 Mar 2016 15:11, oleh: Admin

                                           

                                                                                                                                                                                                                                                                         Kegiatan Pekan Imunisasi : Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur dan Ny.Filomena Jemimit  didampingi Kadis Kesehatan dr.Yulianus Weng dan Ibu Meli Weng dalam kegiatan Pekan Imunisasi di Desa Nao,Langke Majok,Kec. Satar Mese Utara. Foto : Ito

                                                                   

Ruteng : Pekan Imunisasi Nasional (PIN ) hari  Selasa 8 Maret  serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Manggarai hingga 15 Maret 2016. Untuk Kabupaten Manggarai sendiri dibuka Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur bertempat di Desa Nao, Langke Majok Kecamatan Satar Mese Utara, Selasa (8/3/2016).

Kegiatan diawali dengan pemberian dua tetes Vaksin Polio kepada dua Balita oleh Wakil Bupati Manggara Drs.Victor Madur dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Veronika Jemimit, kemudian para kepala SKPD dan kader Posyandu  masing-masing memberikan dua tetes vaksin kepada  294 balita.

Wakil Bupati Madur mengatakan sistem kekebalan tubuh yang buruk serta lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan anak-anak terserang Polio, ‘’Kalau Lingkungan kita tidak bersih, kita bisa terjangkit Virus Polio, jadi kebersihan itu mulai dari dalam rumah,’’ kata Madur.

Wabup Madur menjelaskan kesehatan balita merupakan tanggung  jawab bersama orang tua dan pemerintah, ’’Dengan terjaganya kesehatan, maka dapat menunjang peran orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak-anak kita,’’ ujarnya.

Untuk itu Wabup Madur berharap dan menghimbau kepada seluruh petugas kesehatan, mulai dari Kabupaten hingga desa-desa untuk pro aktif memerangi Virus Polio agar tidak berkembang di tengah masyarakat, balita yang belum mendapatkan imunisasi Polio harus dikunjungi dan diberikan imunisasi Polio maksimal Tiga hari, ‘’Jadi mulai hari ini, hingga Tiga hari ke depan harus merata di seluruh Wilayah Manggarai, jangan ada anak-anak yang tidak diimunisasi, petugas bisa kunjungi rumah-rumah", tegas Madur.

Dia juga mengajak partisipasi dan peran aktif orang tua untuk mendatangi dan mencari tahu tempat pemberian Imunisasi Polio.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr.Yulianus Weng, M.Kes dalam laporannya mengatakan cakupan Imunisasi tingkat Provinsi melebihi 90 % namun tidak merata di seluruh Wilayah Nusa Tenggara Timur. Weng mengatakan Pekan Imunisasi Nasional dimaksudkan untuk memberikan Imunisasi lengkap bagi balita 0-59 bulan agar terbebas dari penyakit Polio atau lumpuh. Diharapkan tahun 2020 dunia bebas polio serta memastikan tingkat Imunitas terhadap polio.

Menurut Weng pelaksanaan PIN di Kabupaten Manggarai menargetkan 30.375 sasaran balita usia 0-59 bulan yang tersebar di 12 kecamatan dan 162 desa/kelurahan serta diadakan di 575 Posyandu. Sementara Vaksin Polio lanjut Weng akan diberikan sebanyak 2.313 Vaksin dan melibatkan 2.875 kader yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai.   ***(ars)

                     

                                        Beri Vaksin : Wakil Bupati Manggarai Drs.Viktor Madur memberikan Vaksin Polio Kepada seorang Balita pada PIN Polio 2016 di Desa Nao Kec.Satar Mese Utara.

                                                        

                                             Menyimak : Ibu-Ibu di Desa Nao,Langke Majok Kec.Satar Mese Utara sedang menyimak arahan dari petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dalam kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Tingkat Kabupaten Manggarai. Foto: Ito

                                       

                                          Pemberian Vaksin : Para Kepala SKPD tengah memberikan Vaksin Polio kepada Balita Di Desa Nao,Kec.Satar Mese Utara. Foto: Ito