Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Masuki Akhir Tahun,Bupati Deno Kamelus Lantik 7 Pejabat Eselon II B Lingkup Pemkab Manggarai

Tanggal update: 29 Dec 2018 19:57, oleh: Aris

Ruteng -Memasuki akhir tahun 2018,sebanyak Tujuh pejabat Eselon II B Lingkup Pemkab Manggarai dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,SH.MH berlangsung di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai,Sabtu (29/12/2018).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Eselon II-B tersebut berdasarkan keputusan Bupati Manggarai Nomor : HK/474/2018  tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai.

ke tujuh pejabat yang menduduki posisi baru tersebut,diantaranya ;Sahadoen S.Zaldy,ST yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik,dipercayakan sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,menggantikan Empang Adil Adrianus,S.Sos yang akan menempati posisi baru sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian yang sebelumnya dijabat Martinus Jekau,SH,sementara Martinus Jekau menduduki posisi baru sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan menggantikan Drs.Siprianus Jamun yang  menempati posisi baru sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Sementara itu Heribertus Ngabut,SH ditunjuk sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa,Politik dan Perlindungan Masyarakat serta Drs.Isfridus Buntanus akan menahkodai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggantikan Heri Ngabut,sementara posisi Isfridus Buntanus akan diisi Anselmus Asfal,SH sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal,Koperasi,Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja.

Bupati dan Wakil Bupati serta Romo Beni Bensi,pr Foto bersama Para Pejabat yang dilantik

Seusai acara Pengambilan Sumpah.  Foto : Aris

Bupati Deno Kamelus kepada para pejabat yang dilantik mengatakan pergeseran jabatan dilihat sebagai sebuah persiapan.Momentum akhir tahun kata Bupati Deno Kamelus dipilih bukan tanpa alasan.

Menurut Bupati Deno Kamelus,adalah sebuah keharusan bagi pemerintah Kabupaten Manggarai untuk menyiapkan diri secara baik agar roda pemerintahan di tahun 2019 dapat berputar maksimal,sehingga Manggarai yang maju,makmur,sejahtera,adil dan merata yang di Ridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa dapat terwujud.

Dijelaskan Bupati Deno Kamelus,melalui sudut pandang ini pencapaian di tahun yang baru harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya "Saya berharap para Pejabat Eselon II yang di lantik melihat peristiwa ini sebagai salah satu bagian dari usaha menyiapkan diri itu,"Ujar Bupati Kamelus.

Sesuai Undang-undang kata Bupati Deno Kamelus,prosedur mutasi melalui uji kompetensi dan harus melalui dua tahap,yakni rekam jejak dan wawancara.Kemudian didapatlah nilai-nilai dari tim yang menguji ‘’Saya  tidak butuh nilai,yang saya butuh low in action (negara dalam keadaan bergerak),’’Ujarnya.

Untuk itu,Bupati Deno Kamelus meminta para pejabat yang menempati posisi baru mengerahkan seluruh energi,agar fungsi Managerial dapat berjalan dengan baik "Saudara-saudara Mulai perencanaan,pengorganisasian,pengerahan,penempatan maupun pengontrolan,ini semua adalah Managemen yang paling dasar,"Terang Bupati Kamelus.

Bupati Deno Kamelus juga mengapresiasi kinerja dan prestasi dari pejabat Eselon yang dilantik ditempat kerja sebelumnya.Ia mencontohkan ditahun 2018,hasil monitoring dan evaluasi KPK berkaitan dengan pencegahan korupsi terintegrasi melalui aplikasi MCP,kabupaten Manggarai menempati urutan ke 2 setelah kabupaten Belu.

kemudian penghargaan dari Dirjen Perbendaharaan Negara Ruteng kepada Pemkab Manggarai atas prestasi sebagai Pemkab dengan penyerapan DAK fisik dan Dana Desa tertinggi tahun 2018 "Dirjen Perbendaharaan Ruteng membawahi Ngada,Manggarai Timur,Manggarai Barat dan Manggarai.Jadi kita juara dari Empat Kabupaten,"Ujarnya Bangga.

lalu penghargaan dari Dirjen Perbendaharaan Negara Kantor Wilayah NTT dan penghargan Gubenur NTT atas prestasi peringkat ke 2 dari 20 kabupaten se NTT sebagai Pemda dengan penyaluran Dana Desa dan peringkat ke 3 penyaluran DAK fisik paling optimal sampai tahap ke 3 tahun 2018 "Ini prestasi Saudara-saudara,terutama OPD-OPD yang mengelolah Dana Alokasi Khusus.Kita kerja,Kita tidak tidur,Kita urus ini Manggarai.Dan ini penghargaan dari otoritas yang memang memberikan penilaian untuk itu,"Tegas Bupati Kamelus.

Berbagai pekerjaan bagi pejabat yang baru lanjut Bupati Deno Kamelus telah menanti,diantaranya Dinas Penanaman Modal UKM dan Tenaga Kerja terkait rekomendasi KPK untuk segera ditindak lanjuti,kemudian  SOP perijinan,pelayanan berbasis aplikasi,koordinasi lintas sektor untuk memudahkan proses penerbitan ijin.

Pada dinas PU dan PR persoalan kualitas pekerjaan,proyek-proyek harus menjadi perhatian utama,peran pengawasan harus dimaksimalkan agar infrastruktur yang dibangun benar-benar berkualitas.

Revisi dan bahkan mungkin pencabutan Perda tentang tata ruang,setelah sebelumnya telah diselesaikan kajian lingkungan hidup strategis dan peninjauan kembali tahun 2018 bekerja sama dengan tim dari Universitas Negeri Nusa Cendana Kupang.

Acara pelantikan ini turut disaksikan Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur,Wakil Ketua DPRD Paulus Peos,SP,Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf.Rudi Markiano Simangunsong,S.Sos,pimpinan Perangkat Daerah,Staf Ahli Bupati,Asisten Setda,keluarga pejabat dilantik,undangan serta insan pers.

Bertindak sebagai saksi rohaniwan Romo Beni Bensi,pr,saksi ASN Kepala Dinas Pendidikan Maksimus Gandur,S.Sos dan Kepala Dinas Perhubungan Martinus Apri Laturake,SH.     **arismarsal.