Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Kamelus ; Jaman Sekarang,Banyak Melupakan Sejarah dan Jasa Baik Orang.

Tanggal update: 25 Nov 2018 19:48, oleh: Aris

Ruteng - Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,SH,MH bersama sejumlah pimpinan perangkat Daerah diantaranya kepala Dinas pendidikan Maksimus Gandur,Kepala Dinas Kesehatan Yulianus Weng dan Kepala Dinas Kominfo Silvanus Hadir,asisten setda,Pimpinan Bank NTT Cabang Ruteng,Camat Ruteng,Kepala Desa Bulan mengikuti acara puncak Dies Natalis ke 33 SMPN 1 RUTENG Cancar kecamatan Ruteng,Jumat ( 23/11/2018).

Tiba di SMPN 1 Cancar,Bupati dan rombongan langsung diterima di depan gerbang sekolah tersebut dengan ritus  adat tuak curu oleh kepala sekolah Dorteus Jemuru,guru-guru,pegawai,panitia serta ratusan siswa dan siswi.

Selanjutnya rombongan Bupati diarak group ronda menuju Aula SMPN 1 Cancar untuk mengikuti ritus adat berikutnya yakni,Manuk Kapu yang di pimpin tua adat Gulung Dorteus Jemali.

Setelah ritus adat Manuk Kapu berakhir,Bupati dan rombongan berkenan mengikuti perayaan Ekaristi Kudus di pimpin Pastor Paroki Rejeng Romo Florianus  jemparu,pr bertempat di halaman Sekolah SMPN 1  Cancar.

Bupati Deno Kamelus melambaikan tangan kepada para Siswa,sesaat setelah tiba di SMPN 1 Cancar.  Foto : Aris

Romo Florianus Jemparu dalam khotbanya mengatakan terdapat beberapa hal yang menunjang pendidikan formal,diantaranya kurikulum,stekholder atau pemangku kepentingan seperti pemerintah,kepala sekolah,guru,pegawai,gereja,orang tua,tokoh masyarakat dan lain-lain.

Menurut Romo Florianus pemerintah mendirikan sekolah dengan tujuan yang mulia dan mendidik insan serta anak-anak sebagai masa depan bangsa.

Pemerintah kata Romo Florianus sudah mendirikan bangunan yang kokoh yang dilandasi oleh fondasi yang kuat pula  " Bangunan bukan hanya secara fisik,seperti ruang kelas,ruang guru dan lain-lain tapi juga secara personalia ada kepala sekolah,guru,kurikulum,Visi-Misi,dan semuanya berjalan baik,"Katanya.

Pendidikan anak-anak kata Romo Florianus harus didirikan diatas bangunan yang kuat.Anak-anak harapnya bisa memiliki komunikasi yang baik di era yang serba terbuka ini " Kita sekarang menghadapi suatu gempuran arus Globalisasi yang kuat,"Ujarnya.

Untuk itu sambung Kepala Sekolah SMP Katolik Stefanus Ketang ini,Guru-guru dituntut dan bekerja keras untuk mendidik karakter anak-anak agar mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk,terutama dalam menggunakan Media Komunikasi "Kalau dalam pendidikan Dasar dan menengah tidak dibekali pendidikan Karakter yang baik,yang jelas anak-anak akan roboh seperti bangunan yang tidak kokoh,"Ungkapnya.

Terkait Tema Hari Guru 2018,yakni meningkatkan profesionalisme guru menuju pendidikan abad 21,Romo yang biasa disapa Leri ini menjelaskan, pendidikan abad 21 ditandai dengan beberapa hal,antara lain ; berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah,kreatifitas dan inovasi,komunikasi,serta bekerja sama.

Sementara itu Bupati Manggarai Deno Kamelus dalam sambutannya menegaskan,apabila pada awal pembangunan sekolah SMPN 1 Cancar di tahun 1985 tidak tumbuh semangat berbagi,maka sekolah ini tidak mungkin ada "Kalau orang tua jaman dulu tidak berbagi pikiran dan berbagi semangat,Saya yakin sekolah ini pasti tidak ada,"Kata Bupati Kamelus.

Dijelaskan Bupati Deno Kamelus jika masyarakat mau maju harus bisa berbagi dan semangat berbagi itu penting baik di level desa,kecamatan,kabupaten hingga level nasional "Kalau kita tidak punya harta,Kita diberi otak oleh Tuhan,bagi ilmu itu kepada orang lain,jangan egois,"Pinta Bupati Kamelus.

Diuraikan Bupati Deno Kamelus berbagi sama dengan menanam,tapi jika tidak menanam maka jangan pernah berharap akan tumbuh dan memanen.

Merayakan ulang tahun terutama ulang tahun sekolah kata Bupati  Deno Kamelus jangan sekali-kali melupakan sejarah "Kita harus berterima kasih kepada para pendahulu,Jaman sekarang ini jaman orang banyak melupakan sejarah dan jasa baik orang. Dalam sejarah ada pekerjaan,dalam sejarah ada manusia,dalam sejarah ada perbuatan,jangan lupakan mereka,"Tegas Bupati Kamelus.

Dikatakan Beliau,tidak ada pembangunan bisa berjalan baik tanpa suatu pembangunaan sejarah terlebih dahulu.

Bupati Deno Kamelus menyalami para Siswa di SMPN 1 Cancar.  Foto : Aris

Kepala sekolah SMPN 1 Cancar Dorteus  Jemuru mengatakan,tujuan diadakan acara ini untuk meningkatkan dan memperdalam serta memperbesar kecintaan semua Stekholder terhadap lembaga pendidikan ini.

Sementara dasar diiadakannya acara ini menurut Dorteus,berangkat dari kesadaran guru-guru bahwa  selama 33 tahun telah banyak menghasilkan  anak-anak bangsa yang berguna bagi gereja,masyarakat maupun Negara.

Kepada Bupati Deno Kamelus,Kepsek Dorteus juga menyerahkan proposal terkait kekurangan dan kebutuhan sekolah tersebut.

Turut hadir dalam acara ini para mantan kepala sekolah dan mantan guru-guru yang pernah mengabdi di SMPN 1  Cancar,kepala sekolah dari tingkat SD,SMP dan SMA di kecamatan Ruteng,orang tua murid,tokoh pemuda,toko adat,toko masyarakat serta undangan lainnya.  *arismarsal.