Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Kamelus,Dukung Kreatifitas Anak Muda Ruteng

Tanggal update: 19 Nov 2018 11:22, oleh: Aris

Ruteng – Untuk mendukung kreatifitas anak muda kota Ruteng,Bupati Manggarai Dr.Deno kamelus,SH,MH memberikan motifasi dan semangat kepada anak-anak muda yang tergabung dalam Forum Anak Muda Manggarai.

Kehadiran Bupati Deno kamelus didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Frumensius LTK,ditengah-tengah komunitas Forum anak Muda Manggarai di pelataran Rumah Wunut Ruteng,Sabtu Sore (17/11/2018) mendapat sambutan luar biasa.

Mereka tidak menyangka orang nomor satu di Manggarai tersebut berkesempatan hadir menyapa dan melihat dari dekat kegiatan anak-anak muda yang berpusat di Rumah Wunut (Mbaru Wunut ),salah satu aset budaya Manggarai yang hingga kini terus dilestarikan.

Sejumlah anak muda yang tergabung dalam Forum Anak Muda Manggarai,diantaranya Komunitas Pemuda Gemit,komunitas Manggarai Motor Cllasic (MMC),Tarung Drajat,Forum Orang Muda Manggarai,Komunitas Sket Board serta komunitas-komunitas lainnya,nampak antusias berfoto dan bersalaman dengan Bupati Deno Kamelus.

Berbagai sajian kreatifitas dihadirkan oleh komunitas anak muda tesebut sejak sore hingga malam hari,diantaranya puisi,tarian,lagu,Stand Up Komedi dan aneka atraksi lainnya.

Bupati Deno Kamelus mengatakan kreatifitas anak muda yang mulai digerakan ini adalah suatu awal yang baik untuk menampung semua hal-hal positif yang akan dilakukan ke depan oleh anak-anak muda yang memiliki kreatifitas ‘’Saya yakin akan ada banyak pikiran-pikiran yang berkembang,ketika Saudara-saudara sebagai anak muda berkumpul,ketimbang anak-anak muda berkumpul sendiri-sendiri dengan komunitasnya masing-masing,’’Ujarnya.

Menurut Bupati Deno Kamelus selain sebagai tempat Budaya,Rumah Wunut juga sebenarnya dirancang untuk kegiatan-kegiatan anak muda yang ingin berekspresi dan mengembangkan bakat,baik itu tarian,puisi lagu dan masih banyak kreatifitas-kreatifitas positif lainnya.

Sebagai momentum,kata Bupati Deno Kamelus,apa yang dilakukan anak-anak muda yang tergabung dalam Forum anak muda Manggarai masih dalam peringatan hari Pahlawan 10 November ‘’Kalau tahun 45 pahlawan Kita berjuang untuk kemerdekaan,maka dijaman Milenial ini bagaimana kepahlawanan Kita untuk mengeluarkan diri sendiri dari macam-macam belenggu.

Dijelaskan,ada banyak belenggu menerpa anak muda masa kini diantaranya Narkoba,kemiskinan,pengangguran,serta hal-hal buruk lainnya "Menurut Saya,untuk jaman Milenial,konteksnya setiap pribadi bisa menyelamatkan diri masing-masing,’’Paparnya.

Bupati Deno Kamelus juga mengajak kaum muda agar menggagas hal-hal positif agar kaum muda bisa terbebas dari hal-hal buruk ‘’Saya tahu,anak-anak muda punya banyak kreasi,gagasan,keinginan yang baik bagi diri sendiri,masyarakat dan bagi Negara,’’Terang Bupati Kamelus.

Bupati Deno Kamelus berjanji akan selalu mendukung apapun yang dilakukan anak-anak muda yang memiliki kreatifitas dan pemerintah ada dibelakang untuk mensuport ‘’Ada Bupati yang dukung kalian,mari terus berjalan bersama untuk hal-hal yang bermanfaat,’’Ujarnya.

Kawasan Rumah Wunut,Jelas Bupati Deno kamelus sebenarnya sudah lama akan dijadikan Destinasi Wisata dan kuliner ‘’Saya mau Rumah Wunut ini dijadikan Destinasi Wisata,bukan lagi aset bagian umum,pembenahan kedepan bagian dari kepariwisataan,Saya ingin ada yang khas dari kota Ruteng yang bisa Kita informasikan keluar selain destinasi wisata lain,’’Paparnya.

Untuk itu kedepan Bupati Deno Kamelus menginginkan agar akses jalan menuju Rumah Wunut dari arah utara,selatan,timur dan barat ditutup untuk tempat kuliner sekaligus tempat kreatifitas anak-anak muda.

Beliau berharap agar kegiatan anak-anak muda tidak berhenti dan terus berlanjut kedepannya ‘’Saya ada diantara kalian,untuk menggagas apa saja yang mau dibuat kedepan,’’Pungkasnya.

Berbincang : Bupati Manggarai sedang berbincang-bincang dengan anak-anak Komunitas Manggarai Motor Cllasic (MMC) di areal Rumah Wunut Ruteng.  Foto : Aris 

Sementara itu Ditemui Media ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Frumensius LTK menjelaskan,kawasan rumah Wunut kembali akan difungsikan sebagai destinasi budaya di Manggarai.

Menurut Kadis Frumensius dengan adanya kreatifitas anak-anak muda di Kompleks Rumah Wunut,dengan sendirinya pariwisata Manggarai juga akan muncul.

Diakuinya beberapa komunitas-komunitas anak muda sudah banyak dirangkul untuk bergabung ”Kita beri ruang yang seluas-luasnya untuk anak muda Kita berkreasi,jadikan Rumah Wunut ini selain sebagai tempat berkreasi juga tempat untuk kita promosikan Budaya Kita,karena Rumah Wunut ini merupakan aset Budaya,’’Terangnya.

Vandri Nagur Pimpinan Komunitas Forum Anak Muda Mangarai. 

Foto : Aris

Vandri Nagur pimpinan Komunitas Anak Muda Manggarai mengatakan konsep awal kegiatan dari komunitas yang dipimpinnya adalah untuk memerangi aksi Vandalisme yang akhir-akhir ini marak di kota Ruteng.

Ia menyayangkan beberapa tempat di kota Ruteng termasuk Rumah Wunut menjadi sasaran aksi Vandalisme dari orang-orang tidak bertanggung jawab ‘’Bersama teman-teman komunitas,Saya mau mengajak semua pihak,terutama anak-anak muda,mari kita perangi Vandalisme dengan hal-hal positif,’’Kata Vandri.

Vandri Nagur menjelaskan beberapa agenda kegiatan komunitas anak muda Manggarai yang sudah dan akan dilaksanakan beberapa hari kedepan,yakni kerja bhakti,mengecat tembok dan bangunan diseputaran Rumah Wunut dan akan melibatkan seluruh anggota yang tergabung dalam komunitas anak muda Manggarai.      **arismarsal