Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Ratusan Pelajar Meriahkan HUT Guru ke 24 dan HUT PGRI ke 78,dengan Jalan Sehat

Tanggal update: 18 Nov 2018 10:35, oleh: Aris

Ruteng -Sejumlah pelajar dan guru-guru se kecamatan Langke Rembong nampak antusias mengikuti gerak jalan sehat yang di mulai dan berakhir di lapangan Motang Rua Ruteng.

Kegiatan jalan sehat ini dalam rangka memperingati Hut Guru ke 24 dan Hut PGRI ke 78,Jumat (16/11/20018).

Tampak Bupati Mangggarai Dr.Deno Kamelu,S.H,M.H dan Dandim 1612 Manggarrai Letkol Inf.Rudi Markiano Simangunsong,berbaur bersama para pelajar mulai tingkat SD,SLTP dan SMA/SMK,guru-guru,Pimpinan OPD,BUMN/BUMD,ASN,serta Aparat Polres dan Kodim 1612 Manggrai.

Berlari : Aparat Polres Manggarai,sedang berlari mendekati Finish,dalam kegiatan jalan sehat di Lapangan Motang Rua,Ruteng

Foto : Aris  

Dinginnya cuaca Kota Ruteng di pagi hari tidak menyurutkan semangat Bupati Deno Kamelus dan Dandim Rudi Markiano serta sejumlah peserta jalan sehat untuk memacuh langkah kaki,diantara padatnya kendaraan roda dua dan roda empat yang tampak mulai memenuhi jalan-jalan dalam kota di pagi hari.

Satu persatu ruas jalan dalam kota Ruteng dilalui para peserta,sembari menenggak minuman dalam botol mineral yg dibawa masing-masing peserta.

Pantauan Media ini,sesekali para pelajar dari beberapa sekolah memungut sampah-sampah yang berserakan dijalan maupun botol-botol minuman,kemudian dimasukan ke dalam tempat-tempat sampah yang di siapkan Dinas Lingkungan Hidup di beberapa tempat yang dilalui peserta.

Tindakkan para  pelajar memungut sampah sambil gerak jalan sehat tersebut mendapat apresiasi dari sejumlah warga.

Salah seorang warga Ruteng Romaldus Jerubin mengaku senang dan bangga dengan para pelajar yang dengan sendirinya mau memungut sampah-sampah di jalan.

Romaldus meyakini,jika kesadaran sudah mulai tumbuh ditengah pelajar,dengan sendirinya bisa menyadarkan warga lain untuk menjaga kebersihan tanpa menunggu petugas untuk membersihkan "Meskipun nanti ada petugas yang angkut atau bersih itu sampah-sampah,tapi Kita juga punya kesadaran akan pentingnya kebersihan,"Ujarnya.

Romaldus berharap warga masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi dan bisa menjaga kebersihan kota,dengan tidak membuang sampah sembarangan "Kalau pelajar saja bisa,kenapa Kita yang tua-tua ini tidak bisa,justru Kita yang harus kasih contoh pada mereka (pelajar-red),"Katanya.

Ia juga menyesalkan masih banyak warga yang membuang sampah tidak pada tempat atau depo-depo yang disiapkan,tapi buangnya ke kali atau saluran-saluran air (got) "Bagaimana tidak banjir atau air meluap,sampah-sampah dibuang ke kali,dibuang ke got,macam-macam jenis sampah,ada popok bayi,ada plastik,botol.Kapan Kota Ruteng mau bersih kalau mental masyarakat seperti ini,"Ungkapnya kesal.

Selesai gerak jalan sehat Bupati Deno Kamelus didampingi Dandim Rudi Markiano dan sejumlah peserta beristirahat sejenak sambil menikmati minuman dan makanan ringan yang di siapkan panitia.

Goyang Bersama : Sejumlah peserta,goyang bersama setelah mengikuti jalan Sehat di Lapangan Motang Rua,Ruteng.  Foto : Aris

Melengkapi kegiatan jalan sehat ini,Bupati Deno Kamelus,Dandim Rudi,Pimpinan OPD,Guru-guru,Pelajar serta peserta lainnya bergoyang Miti Kae dan Tobelo bersama di Lapangan Motang Rua.  **arismarsal