Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

500 Peserta Tes CPNSD Bersaing Meraih Passing Grade Terbaik

Tanggal update: 06 Nov 2018 12:21, oleh: Aris

Ruteng –Sebanyak Lima Ratus Peserta Tes Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Tahun 2018 di Kabupaten Manggarai mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hari pertama yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) dan Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan,Minggu (4/11/2018).Ke lima Ratus peserta yang dibagi dalam lima sesi tersebut semuanya berasal dari formasi tenaga Guru,khusunya Guru Agama.

Plt.Kepala Badan Kepegawaian pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Manggarai Drs.Anglus Angkat ditemui Media ini disela-sela pelaksanaan tes menerangkan,tes dilaksanakan dalam lima sesi,dimana setiap sesi diisi 100 orang peserta tes.

Tes Kompetensi dasar ini kata Anglus Angkat akan berlangsung dari tanggal 4 November hingga 15 November 2018 dan setiap sesi rata-rata menghabiskan waktu satu setengah jam.

Dalam Tes SKD ini jelasnya, masing-masing peserta harus melalui beberapa tahapan tes, di antaranya: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), serta Tes Karateristik Pribadi (TKP).

Lebih lanjut dikatakan setiap peserta yang mengikuti tes harus melampaui atau paling tidak mencapai Pasing Grade yang telah ditentukan panitia pusat.

Dijelaskan, untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) pasing grade harus mencapai nilai 75, tes intelegensi umum (TIU) nilai 80, sementara untuk tes karateristik pribadi (TKP) nilai 143.

Apabila peserta tidak mencapai nilai ambang batas yang ditentukan Ujar Angkat, maka peserta tersebut dipastikan tidak bisa melanjutkan ketahap berikutnya, yaitu tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Arahan : Salah seorang peserta Tes,sedang mendengarkan Arahan dari salah seorang Panitia

               BKN Regional X Denpasar disalah satu ruangan Tes Kantor BKPP Manggarai.  Foto ; Aris

Sementara itu salah seorang Guru Agama Yohana Lestari mengaku kecewa dengan terbatasnya waktu yang disiapkan panitia.

Yohana yang sehari-hari mengajar di SMP Satap Wae Belang Kecamatan Reok ini menjelaskan disaat Ia fokus mengerjakan soal tes wawancara kebangsaan dan tes intelegensi umum,waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal tes karateristik pribadi hanya tersisa 15 menit ‘’Nilai Saya tidak mencapai Pasing Grade,khususnya dites karateristik pribadi,’’Ungkapnya kesal.

Ditambahkan Yohana nilai pasing grade yang diperoleh dari tes wawancara kebangsaan dan intelegensi umum sangat baik dan melebihi nilai pasing grade yang ditetapkan pemerintah pusat,yakni 90 untuk TWK dan 90 untuk TIU,namun nilai TKP hanya mencapai 119 atau kurang 24 poin untuk mencapai 143.

Serahkan Kartu : Para peserta Tes CPNSD menyerahkan kartu ujian kepada anggota Pol PP

                            setelah mengikuti Tes Seleksi Kompetensi Dasar.  Foto : Aris

Senada dengan Yohana, peserta lain asal Manggarai Timur yang mengajar di SMAN 2 Borong, Oby menyampaikan waktu yang disiapkan juga terlalu sedikit.

Sementara peserta, kata Oby, harus menyelesaikan soal yang panjang,seperti soal bahasa Indonesia yang banyak wacana,sementara waktu untuk membaca soal terbatas.

Dari Informasi yang diperoleh Media ini,sejak tes sesi pertama hingga sesi kelima yang berakhir pukul 20.00 Wita,dari 500 peserta yang mengikuti tes,tidak satupun yang mendapatkan pasing grade.Dengan demikian ke 500 peserta tersebut dinyatakan gugur.  **arismarsal