Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Ketua TP PKK NTT Tatap Muka Dengan Pemkab Manggarai

Tanggal update: 16 Oct 2018 08:08, oleh: Yoga

TATAP MUKA - Ketua TP PKK Propinsi NTT, Ny. Yulie Sutrisno Laiskodat (selendang) didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai Ny. Yeni Veronika, SH saat tatap muka di aula Nuca Lale. Foto: Kadis Kominfo Manggarai


RUTENG - Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Nusa Tenggara Timur Yulie Sutrisno Laiskodat  bertatap muka dengan Wakil Bupati Bupati Drs.Victor Madur dan segenap jajaran Pemkab Manggarai di Aula Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai Senin ( 15/10/).Kunjungan Yulie Laiskodat  ke Manggarai dalam rangka sejumlah agenda, sekaligus kunjungan perdana usai dilantik beberapa waktu lalu.

Hadir dalam acara tersebut ketua TP PKK Kabupaten Manggarai Yeny Veronika SH,Sekda Manseltus Mitak SH,para Staf Ahli Bupati,para Asisten Sekda,Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah,dan pengurus TP PKK Manggarai. 

Dalam sambutanya Yulie Laiskodat mengatakan,Kabupaten Manggarai merupakan salah satu daerah penghasil  kopi ,cenghkeh dan tanaman perdagangan lainya.Potensi tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesejateraan dan perekonomian petani manggarai.

Menurut Yulie, khusus tanaman kopi, meski masuk kategori terbaik di Indonesia namun  kopi yang dihasilkan belum sampai pada kualitas premium. Hal itu disebabkan  para petani kurang mendapat edukasi.

“Para petani mestinya mendapatkan informasi yang baik tentang cara memetik kopi yang baik, cara menjemur termasuk jarak tanam kopi juga harus diperhatikan. Dengan demikian akan menghasilkan kualitas kopi yang baik,” kata Yulie. 

Lebih lanjut dikatakan, para petani di NTT selama ini sudah bekerja keras untuk memperoleh hasil kopi yang berlimpah. Namun harga komoditi tersebut belum sebanding dengan kerja keras para petani. 

Yulie berharap, ke depan pemerintah daerah mampu mengatasi berbagai kendala yang hadapi para petani kopi termasuk membantu memasarkan hasil komoditi itu.  

Di akhir sambutanya Yulie juga meminta dukungan Pemkab Manggarai agar gubernur terpilih dapat mengemban tugasnya dengan baik selama lima tahun kedepan.

Sementara itu Wakil Bupati, Manggarai Drs.Victor Madur dalam sambutanya mengapreisasi kunjungan Ketua TP PKK NTT ke Manggarai .Pemkab Manggarai akan mendukung sepenuhnya program kerja dari Gubernur dan Wakil Gubernur . 

Wabup Madur mengatakan, khusus di bidang pertanian, Pemkab Manggarai telah menerapkan Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi atau Simantri.  Sejauh ini penerapan Simantri telah menunjukan hasil signifikan bagi para petani. “Simantri diharapkan bisa membantu meningkatakan perekonomian masyarakat Manggarai sekaligus mengurangi angka kemiskinan di daerah ini”, kata Wabup Madur.

Menurut Wabup Madur, selain penghasil kopi,manggarai juga memiliki banyak corak dan ragam kain tenun.Namun pemasaranya selama ini masih terbatas di kabupaten saja. “Kami berharap ke depan Ibu Ketua TP PKK NTT bisa membatu memasarkan hasil tenunan Manggarai agar dikenal lebih luas bahkan sampai ke luar negri,” harapnya.(***petrik).