Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Kapolda Sunaryo Resmikan Kantor Polres Manggarai

Tanggal update: 03 Mar 2016 13:45, oleh: Yoga

Penandatanganan Prasasti : Kapolda NTT, Brigjen Pol. Eustasius Widyo Sunaryo menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Kantor Polres Manggarai yang baru. Foto : Yoga

Ruteng - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTT, Brigjen Pol. Eustasius Widyo Sunaryo meresmikan pemanfaaatan kantor Kepolisian Resor (Polres) Manggarai yang baru, Rabu (02/03).Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Disaksikan media ini, Kapolda Sunario datang bersama Ketua Bhayangkari Polda NTT, Ny. Theresia Dewi Pratiwi didampingi sejumlah petinggi Polda. Kapolda Sunaryo tiba di Mapolres Manggarai langsung diterima Kapolres Manggarai, AKBP Mohamad Ishak Said bersama jajaran dengan pengenaan jas motif daerah Manggarai dan pengalungan.

Usai pengalungan, Kapolda Sunaryo langsung meresmikan kantor Polres Manggarai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti di depan pintu Mapolres. Kapolda saat itu juga melakukan penanaman simbolis di halaman Mapolres Manggarai. Acara kemudian dilanjutkan dengan misa syukur dan pemberkatan kantor baru oleh Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng.

Hadir saat itu, Bupati Manggarai, DR. Deno Kamelus, SH.MH dan Wakil Bupati, Drs. Viktor Madur, Bupati Manggarai Timur, Drs. Yoseph Tote, Msi, pimpinan DPRD Manggarai dan Manggarai Timur, Mantan Bupati Manggarai, Drs. Christian Rotok, Unsur Forkompinda, para Kepala SKPD, jajaran Polres Manggarai dan ratusan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kapolda Sunaryo mengingatkan jajaran Polres Manggarai untuk memegang teguh komitmen sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).. “Kita sudah memiliki kantor yang baru. Itu berarti kita harus komit menjalankan tugas sebagai anggota Polri, sebagai abdi, pelayan dan pengayom masyarakat sekaligus sebagai penegak hukum,” tegas Kapolda.

Menurut Kapolda Sunaryo, menjadi anggota Polri tidaklah mudah. Pasalnya ke depan kepolisian diprediksi akan selalu berhadapan dengan berbagai tantangan tugas yang makin kompleks. Untuk itu Kapolda secara khusus meminta Kapolres Manggarai, AKBP. Mohamad Ishak Said agar menjalin kerja sama yang baik dengan semua pihak termasuk masyarakat. “Kerja sama yang baik harus dibangun baik di intern kepolisian maupun dengan berbagai stakeholder yang ada di daerah,” kata Kapoda.

Kapolda Sunaryo mengajak seluruh jajaran Polres Manggarai agar mampu berperan sebagai anggota Polri yang sejati dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Sebagai pelayan dan pengayom masyarakat anggota Polres Manggarai harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat. “Status kita adalah polisi. Jadi, mari kita mainkan peran kita sebagai anggota polisi, jangan malah bertentangan dengan status kita sebagai anggota Polri,” tegas Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda Sunaryo mengharapkan partisipasi semua pihak terutama masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan tugas dari seluruh anggota Polres Manggarai. “ Kepada Bapak Bupati Manggarai dan Manggarai Timur dan seluruh lapisan masyarakat mohon lihat ini anak-anak saya ini. Bagaimana mereka melaksanakan tugas. Mohon tegur mereka, kritisi mereka, manakala mereka melaksanakan tugas tidak sesuai dengan status mereka sebagai anggota polisi,” pinta Kapolda

Cegah Teroris dan Penyakit Sosial

Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng, Pr saat itu berharap pihak kepolisian mampu mencegah masuknya ISIS dan teroris ke wilayah hukum Polres Manggarai. Pasalnya tindak kekerasan yang dilakukan teroris sangat mengganggu kehidupan bersama dan ketenangan masyarakat.

Kecuali itu, pihak kepolisian juga diminta untuk terus memberantas penyakit-penyakit sosial utamanya narkoba dan perjudian di wilayah Manggarai dan Manggarai Timur. “ Saya mengharapkan kiranya kepolisian bisa mencegah masuknya ISIS maupun teroris ke wilayah kita. Begitu juga dengan penyakit-penyakit sosial agar bisa diatasi dengan baik supaya masyarakat dan umat bisa menikmati kehidupannya dengan aman dan damai,” pinta Uskup Hubert.

Uskup Hubert lebih lanjut mengharapkan kerja sama yang baik antara pihak kepolisian, pemerintah dan TNI dalam rangka menciptakan suasana yang aman dan damai di wilayah Manggarai dan Manggarai Timur.

Sementara Bupati Manggarai, DR. Deno Kamelus, SH. MH menyampaikan proficiat atas diresmikannya kantor Polres Manggarai yang baru. Pemkab dan masyarakat Manggarai ikut gembira dengan selesainya pembangunan kantor Polres Manggarai tersebut.

Menurut Bupati Deno, gedung kantor Polres Manggarai yang baru itu menjadi bukti adanya kerja sama yang baik dan kerja keras dari kepolisian dan berbagai pihak. Dia berharap kerja sama itu terus terpelihara utamanya dalam membangun Manggarai ke depan yang lebih maju, makmur, sejahtera adil dan merata yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa sesuai visi misi Pemkab Manggarai. ***(Yoga)

 

Pengalungan : Kapolda NTT, Brigjen Pol. Eustasius Widyo Sunaryo bersama Ketua Bhayangkari Polda NTT, Ny. Theresia Dewi Pratiwi diterima jajaran Polres Manggarai dengan pengalungan oleh Kapolres Manggarai, AKBP. Mohamad Ishak Said, SIK. Foto : Yoga

Penerimaan Rombongan Bupati Manggarai : Bupati Manggarai, DR.Deno Kamelus, SH.MH dan Wakil Bupati, Drs. Viktor Madur beserta rombongan tiba di Mapolres Manggarai. Rombongan Bupati disambut tari-tarian siswa TK. Bhayangkari Ruteng. Foto : Yoga