Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Pemkab Manggarai Akan Rehab 1.500 Rumah Warga

Tanggal update: 26 Feb 2016 20:20, oleh: Yoga

Buka Musrenbang - Wakil Bupati Manggarai, Drs. Viktor Madur membuka secara resmi Musrenbang Tingkat Kecamatan Wae Ri'i tahun 2016. Foto : Yoga


Ruteng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai pada tahun ini akan merehabilitasi 1.500 unit rumah penduduk yang tidak layak huni. Dana untuk program rehabilitasi rumah ini bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2016. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Manggarai, Drs. Viktor Madur saat membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Wae Ri’i di aula Paroki Poka, Kecamatan Wae Ri’i belum lama berselang.

Wabup Madur mengatakan, program rehabilitasi rumah penduduk menjadi salah satu janji paket Deno Madur (DM) pada masa kampanye Pilkada Manggarai 2015 lalu. Pada tahun 2016 ini program rehabilitasi rumah penduduk tersebut mulai dilaksanakan. Total rumah yang mendapat program  ini sebanyak 1500 unit yang tersebar pada sejumlah desa di Mangggarai. “Sebagaimana telah kami sampaikan pada saat kampanye bahwa tahun 2016 kita akan merehabilitasi sosial 1500 unit rumah tidak layak huni. Bukan bangun baru tapi hanya perbaikan,” jelas Wabup Madur.

Menurut Madur, dana untuk rehabilitasi rumah penduduk ini bersumber dari Alokasi Dana Desa dan APBD Manggarai. Khusus dana yang bersumber dari APBD Manggarai melalui Dinsosnakertrans Manggarai tahun ini sudah dianggarkan untuk rehabilitasi 300 unit rumah masyarakat.

Lebih lanjut Wabup Madur berharap setiap tahun para kepala desa mengalokasikan anggaran untuk program rehabilitasi rumah tidak layak huni di wilayahnya masing-masing. “Pak Bupati sudah pesan pada tahun ini bapak-bapak Kepala Desa diharapkan itu (anggaran rehabilitasi rumah, red) masuk dalam rencana setiap desa, sehingga masuk dalam juknis. Itu nanti akan dicermati lebih lanjut oleh Pak Bupati sendiri maupun, saya, Pak Sekda dan para Kepala SKPD,” kata Wabup Madur.

Wabup Madur menambahkan, program rehabilitasi rumah tidak layak huni  dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondisi rumah tinggal masyarakat yang sehat.  Diharapkan kondisi rumah yang sehat akan melahirkan generasi yang sehat dan berkualitas untuk kemajuan Manggarai ke depan. ***Yoga