Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Musrenbang Tingkat Kecamatan Satar Mese

Tanggal update: 13 Feb 2016 17:09, oleh: Aris

RUTENG : Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Satar Mese Dibuka oleh Asisten Tiga Kasmir Sakir  berlangsung di Aula Kantor Camat di Iteng Kamis 11/1/2016. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Organisasi Remigius Harum,S.Fil, Anggota DPRD Dapil Satar Mese Simon Wajong, Para Kepala Desa, Kepala Sekolah dari tingkta SD-SLTA,serta utusan desa masing-masing 6 orang.

Penjabat Bupati Manggarai dalam sambutan yang dibacakan Asisten Tiga, Kasmir Sakir, mengatakan pelaksanaan musrenbang merujuk pada undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan Tata cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah dan di jabarkan dalam peraturan Mendagri nomor 54 tahun 2010. Tujuan Musrenbang yakni membangun kesepakatan dari berbagai stakeholder sekecamatan tentang skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan selama tahun 2017, prioritas kegiatan yang akan memperoleh pendanaan dari program yang akan masuk di kecamatan Satar Mese, sinkronisasi dan keselarasan antar berbagai usulan kegiatan melalui Musrenbang Desa, serta disepakati kegiatan-kegiatan yang akan diusulkan kepaada SKPD dalam rangka penyusunan rencana kerja SKPD.

Sementara itu Camat Satar Mese Drs. Peras Maximus mengatakan kegiatan Musrenbang ini semua pihak dapat melihat dan menentukan skala prioritas dengan mempertimbangkan aspek manfaat, geografis, ekonomi, sosial, dan budaya yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sesuai program kerja SKPD.Menurut Camat Maksimus forum Musrenbang kecamatan akan membahas usulan UPTD Kecamatan Satar Mese seperti pembangunan gedung,kantor dan infrastruktur di tingkat kecamatan.

‘’Contohnya di sini ( Kecamatan Satar Mese) belum ada kantor UPTD PPO itu juga kesempatan untuk di usulkan’’,Katanya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Legu Raymundus wajong mengatakan Musrenbang desa sudah di laksanakan, untuk itu materi-materi yang akan di sampaikan di tingkat kecamatan adalah materi yang sudah di bahas di tingkat bawah (Desa).’’nantinya segala kebutuhan yang bersifat skala prioritas akan kami sampaikan kepada masing-masing SKPD’’,Ungkapnya.Raymundus berharap apa yang sudah di lakukan pemerintah sebelumnya dapat di laksanakan pada Musrenbang kali ini.’’Kami sudah merasakan  pembangunan selama ini,khususnya Satar Mese tidak ada kampung yang terisolir’’.Tambahnya.(**Aris**)