Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Informasi tentang Covid-19 dapat diperoleh di sini atau di sini

Terancam Longsor, 26 Warga Mangge Mengungsi

Tanggal update: 03 Feb 2016 09:14, oleh: Yoga

Sebanyak  26 Warga Barak Tando – Dusun Mangge, Desa Meler, Kecamatan Ruteng mengungsi karena rumah mereka terancam tertimbun longsor, Minggu (31/01). Longsor berasal dari tebing dibelakang rumah, menyusul hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir.

Camat Ruteng, Adrianus Kenjuru via telpon kepada media ini mengatakan, 26 warga itu berasal dari 5 KK yang rumahnya terancam tertimbun longsor. Sejak Minggu malam warga mengungsi ke rumah-rumah tetangga yang dianggap aman dari ancaman longsor. “Untuk sementara mereka mengungsi ke rumah-rumah tetangga di kampung tersebut karena takut rumah mereka tertimbun longsor”, kata Kenjuru.

Dia menyebut, rumah yang terancam longsor di Barak Tando itu sebanyak 5 unit. Satu diantaranya Minggu malam sudah terkena longsor. Dinding salah satu kamar di rumah tersebut jebol karena tertimbun material longsoran.

Menurut Kenjuru, rumah-rumah tersebut terletak di ketinggian. Sementara di bagian belakang dan samping rumah juga terdapat tebing hasil galian untuk pembangunan rumah. Material longsoran dari tebing tersebut yang mengancam rumah warga. “Ada 5 rumah di situ. Satunya parah karena salah satu kamarnya sudah jebol tertimbun material longsor, “ jelas Kenjuru.

Menurut Kenjuru, pihaknya sudah memantau ke lokasi dan menghimbau warga untuk tidak melakukan aktifitas apapun di dekat lokasi tersebut. Pihaknya juga telah melaporkan kejadian itu ke BPBD Manggarai.

Sementara Sekretaris BPBD Manggarai, Gaspar Wuar mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan lisan via telepon dari kepala desa setempat tentang kejadian itu. Tim BPBD Manggarai akan melakukan identifikasi lapangan sekaligus memberikan bantuan tanggap darurat kepada para korban. “Tim rencananya hari ini, (Senin, 01/02, red) akan turun ke sana untuk identifikasi karena kita baru mendapat laporan lisan lewat telepon dari kepala desanya,” kata Wuar. ***(Yoga)

Longsor      Longsor

DINDING JEBOL : Dinding salah satu rumah warga di Barak Tando, desa Meler, Kec. Ruteng jebol tertimpa longsor, Minggu (31/01). Tampak pagi Senin (01/02) warga berupaya membersihkan material longsoran yang menimpa rumah tersebut. Foto : BPBD Manggarai