Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Informasi tentang Covid-19 dapat diperoleh di sini atau di sini

42 Desa Di Manggarai Gelar Pilkades Serentak

Tanggal update: 26 Oct 2016 20:12, oleh: Yoga

RUTENG - Sebanyak 42 desa di kabupaten Manggarai akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pemilihan akan berlangsung secara serentak pada 1 November 2016 mendatang.

Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Manggarai, Drs. Yos Jehalut kepada media ini mengatakan, dari 145 total desa di Manggarai, 42 diantaranya akan menyelenggarakan Pilkades serentak. Total calon kades akan berlaga pada pilkades serentak ini sebanyak 151 orang calon.

Menurut Jehalut,hingga kini persiapan panitia  tingkat kabupaten jelang pemungutan suara Pilkades serentak tersebut mencapai 100 persen. Persiapan itu diantaranya pengadaan logistic seperti surat suara serta peti kotak suara beserta perlengkapannya. Dijadwalkan pada H min satu pemungutan suara yakni tanggal 31 Oktober  semua logistic akan didrop ke setiap desa.

Terkait anggaran untuk Pilkades serentak, Jehalut menjelaskan,  sesuai regulasi pemerintah kabupaten hanya menanggung biaya untuk pengadaan logistic. Sementara untuk biaya pengamanan sepenuhnya ditanggung oleh masing-masing desa dengan menggunakan dana desa. Pengamanan melibatkan aparat dari Kepolisian, TNI dan Pol PP.

Lebih lanjut Jehalut berharap, Pilkades yang baru kali pertama digelar secara serentak ini bisa berlangsung lancar dan damai. Kecuali itu pesta demokrasi ini akan menghasilkan pemimpin tingkat desa yang berkualitas.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini dari BPMPD Manggarai, calon Kades yang bertarung pada Pilkades di Manggarai tahun ini masih didominasi calon dengan tingkat pendidikan SMA serta Paket B dan C. Tercatat calon berijazah paket B dan C  berjumlah  44 orang dan SMA sebanyak 77 orang. Sementara yang berijazah Diploma sebanyak 8 orang, S1 berjumlah 21 orang dan satu calon berijazah S2. ***(YOGA)