Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

PELATIHAN MANAJEMEN KOPERASI MENUJU PENGELOLAAN KOPERASI YANG PROFESIONAL

Tanggal update: 22 Jun 2016 10:29, oleh: Admin

Siaran Pers HumasPro. Senin (20/06/2016)

Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, hari ini Senin (20/6) pukul 09.00 WITA, membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Manajemen Koperasi bagi pengurus KSP-USP tingkat Kabupaten Manggarai Tahun 2016. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Manggarai bertempat di Hotel Agung I dan dihadiri oleh 20 Koperasi baru seKabupaten Manggarai. Kegiatan pelatihan ini selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengurus koperasi dalam pengelolaan administrasi keuangan koperasi yang berkualitas, juga sebagai bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Manggarai dalam mewujudkan sinergisitas antara pemerintah dengan Gerakan Koperasi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Sambutan

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Manggarai menyampaikan bahwa Koperasi memiliki peran  yang penting dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Perkembangan perkoperasian di Kabupaten Manggarai baik dari sisi kelembagaan koperasi, permodalan dan anggota, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Di tahun 2016, jumlah koperasi yang sudah berbadan hukum sebanyak 129 koperasi atau naik 7,5 % dari tahun 2015 sebanyak 120 koperasi. Jumlah modal koperasi di tahun 2015, untuk modal sendiri mengalami kenaikan sebesar Rp. 52.663.790.814,- atau 9,76% dari tahun 2014. Sedangkan modal luar Rp.20.413.380.827,- atau turun 35,66 % dari tahun 2014. Total asset tahun 2015 sebesar Rp. 94.411.337.646,- naik 18,44 % dari tahun 2014. SHU koperasi sebesar Rp.4.339.775.425,- atau turun 30,140 % dari tahun 2014. Sedangkan jumlah anggota koperasi sebanyak 42.692 orang atau naik 3,72 % dari tahun 2014” tuturnya.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Manggarai menyampaikan bahwa sejak tahun 2002 hingga sekarang, Pemerintah Kabupaten Manggarai telah mengalokasikan Dana Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan UMKM sebesar Rp. 3.694.755.000,- yang disalurkan kepada 103 kelompok terdiri dari 37 koperasi dan 67 prakoperasi dan beberapa kelompok UMKM yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Dalam upaya mendukung perkembangan koperasi dan UMKM ke depan, Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi memberikan prioritas pada pengembangan SDM melalui pendidikan dan pelatihan bagi pengurus dan pengelola koperasi, memfasilitasi pembentukan koperasi (sudah terbentuk 129 koperasi) dari pra koperasi (terdata 157 koperasi), mengoptimalkan potensi lokal yang berdampak pada perluasan kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran dan menata serta membangun pasar tradisional yang lebih baik guna menampung para pedagang kecil.

Dalam wawancaranya, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Manggarai, Heribertus Ngabut, SH, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manajemen pengurus koperasi. “Pelatihan ini bertujuan untuk penguatan manajemen koperasi yang profesional bagi para pengurus koperasi. Selain sosialisasi tentang substansi UU 25 tahun 1992 tentang perkoperasian juga pemaparan materi dari empat narasumber terkait penguatan manajemen koperasi” tuturnya. “Berdasarkan evaluasi yang telah diakukan, penguatan koperasi harus dilakukan agar  koperasi  tersebut tumbuh dan berkembang menjadi koperasi yang profesional” imbuhnya.

Kegiatan pelatihan manajemen koperasi ini diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 20 sampai 25 Juni 2016 dengan menghadirkan empat narasumber. Sebanyak 40 orang pengurus yang berasal dari 20 koperasi baru hadir dalam kegiatan pelatihan ini.

Laporan

Koperasi-koperasi baru yang hadir dalam pelatihan antara lain KSP Budi Mulia SMAN 1 Langke Rembong, KSP Ba Nera Desa Ndehes Kecamatan Wae Ri’i, KSP Wae Lando Desa Nati Kecamatan Lelak, Koperasi Produsen Karya Mandiri Kelurahan Wae Belang Kecamatan Ruteng, KSU Gapoktan Duta Damai Desa Bangka Ruang Kecamatan Rahong Utara, Koperasi Produsen Cahaya Comodo Sejahtera Kelurahan Wae Belang Kecamatan Ruteng, KSP Wae Mantar Desa Umung Kecamatan Satar Mese, KSP Areng Ase Desa Manong Kecamatan Rahong Utara, KSP Wengke Wua Desa Liang Bua Kecamatan Rahong Utara, KSP Harapan Hidup Desa Belang Turi Kecamatan Ruteng, KSP Ceha Mose Desa Poco Kecamatan Wae Ri’i, KSP Mitra Ibu Desa Timbu Kecamatan Cibal Barat, KSP Wae Mas Desa Ndiwar Kecamatan Lelak, KSP Senang Mekar Desa Compang Namut Kecamatan Ruteng, KSP Satu Hati Desa Paka Kecamatan Satar Mese, KSP Vima Sehati Desa Ponggeok Kecamatan Satar Mese, KSU Golo Lando Desa Satar Loung Kecamatan Satar Mese, KSU Cipta Harapan Desa Benteng Poco Kecamatan Wae Ri’i, dan KSU Ulung Wae Desa Poco Kecamatan Wae Ri’i.

Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Manggarai