Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Kapal Cepat Poco Ranaka Akan Segera Beroperasi Di Manggarai

Tanggal update: 04 Jun 2016 20:14, oleh: Aris

Ruteng- Kapal cepat bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai akan segera beroperasi melayani wisatawan yang akan berkunjung ke wilayah Manggarai.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Martinus Apri Laturake,SH ditemui Media ini di Kantor DIshubkominfo Kabupaten Manggarai, Sabtu (4/6/2016).

Apri Laturake mengatakan Kapal bantuan tersebut merupakan komitmen pemerintah pusat untuk meretas Isolasi di daerah tertinggal terutama penduduk di daerah terluar dan kategori pulau termiskin di Indonesia.

Menurut Apri Dinas Perhubungan yang di pimpinnya ditunjuk sebagai Dinas yang akan mengelola kapal mewah berteknologi tinggi dengan kecepatan 500pk berkapasitas daya angkut  30 penumpang dengan posisi duduk tersebut dan kemudian akan di serahkan ke Bupati Manggarai.

Manggarai ke depanya merupakan daerah destinasi wisata di Indonesia,untuk itu Kapal senilai 2 Miliar Rupiah tersebut akan melayani Wisatawan yang akan berkunjung ke Destinasi wisata yang ada di Manggarai terutama di Wilayah Selatan,’’Wilayah Selatan merupakan destinasi wisata yang bagus,untuk itu aksesibilitas yang bagus kepada wisatawan,baik mancanegara maupun domestik,’’Kata Apri.

Terkait pengelolaan kapal tersebut Dirinya menuturkan kewenangan Bupati Manggarai yang akan mengatur pengelolaan kapal tersebut,’’Sudah ada pihak yang akan mengelola kapal tersebut,tapi semuanya di serahkan ke Bupati,Bupati pasti obyektif dan adil beri kepercayaan kepada pihak yang menangani,’’Ungkap Apri.

Pemberian nama Poco Ranaka oleh Mantan Bupati Manggarai Christian Rotok menurut Apri selain Gunung Ranaka merupakan salah satu puncak tertinggi di Nusa Tenggara Timur juga sebagai Inspirasi bagi masyarakat Manggarai,’’Nama ini di berikan  bukan hanya Inspirasi bagi masyarakat Manggarai tetapi kemegahan dan keperkasaan,’’ Tegasnya.

Untuk itu Dirinya berharap agar kapal bantuan ini bisa di manfaatkan secara optimal untuk kepentingan rakyat,termasuk pelayanan wisatawan.Sinergisitas antara Instansi ke depan akan di tingkatkan terutama dengan Dinas Pariwisata.  ***(ars)