Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

BANGUN DESA DENGAN MENGHIDUPKAN KEMBALI SEMANGAT GOTONG ROYONG

Tanggal update: 17 May 2016 12:36, oleh: Admin

SiaranPers HumasProtokol. Ruteng, 14/05/2016.

 

Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.MH dan Drs. Victor Madur, sabtu (14/05/2016) siang, membuka secara resmi kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong ke 13, Hari Keluarga ke 23, Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44, pencanangan Kampung KB, dan Pencanangan kegiatan berkantor di desa, di Dusun Wangkal, Desa Kajong, Kecamatan Cibal Barat. kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat yang dijiwai semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong  dalam pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan serta meningkatkan kehidupan masyarakat di desa melalui program kependudukan dan keluarga berencana.

Kelima kegiatan ini dijadikan dalam satu kegiatan demi untuk efisiensi waktu, substansi (sinkronisasi pembangunan dimulai dari daerah-daerah pinggiran, jumlah penduduk 80 % ada di desa, program yang berbasis ke desa, Dana Desa yang terus bertambah yang diharapkan mampu memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat di desa), serta menghidupkan kembali semangat gotong royong yang mulai memudar.

Menyinggung soal KB, Bupati Manggarai menyampaikan bahwa Keluarga berencana berkaitan dengan rencana dalam kehidupan berkeluarga yang harus direncanakan secara baik dengan melihat berbagai kebutuhan yang terus bertambah. Yang ditekankan adalah perencanaan dalam kelahiran dan kehidupan berkeluarga.

Bupati Manggarai juga mengatakan bahwa alasan mengapa kegiatan ini dilaksanakan di Wangkal, Desa Kajong, Kec. Cibal Barat, karena wajah Manggarai yang sesungguhnya ada di sini (keterbelakangan, jalan belum diaspal, tidak ada listrik). Bupati Manggarai mengakui bahwa selama 10 tahun memimpin, ada banyak desa yang belum tuntas pembangunannya. Oleh karena itu, kedepan, pembangunan dimulai dari daerah yang belum tuntas agar tercipta keadilan dan pemerataan.

Kegiatan yang telah dilaksanakan semenjak tanggal 9 hingga 13 Mei 2016 antara lain Penyuluhan penduduk dan masalah kesehatan KIA, BPJS, KB derajat kesehatan, BPJS, HIV AIDS oleh DINKES Kabupaten Manggarai. Penyuluhan bahaya penyakit rabies dan penyakit ternak lainnya oleh Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Manggarai. Penyuluhan dan Pemutaran Film KB oleh Badan KB dan PP Kab. Manggarai. Sosialisasi Ranperda tentang Ijin penggunaan alat tebang oleh DISHUTBUN Kab. Manggarai. Penyuluhan 10 Program Pokok PKK dan praktek pembuatan makanan lokal oleh TP PKK. Sosialisasi kependudukan dan perekaman data E-KTP oleh DISCAPIL Kabupaten Manggarai. Sosialisasi pembinaan mitra terutama pemilik jasa angkut oleh DISHUBKOMINFO. Penyuluhan lingkungan hidup dan pelaksanaan lingkungan hidup dan ekosistem oleh BLHD. Sosialisasi peraturan ketenagakerjaan, pembentukan badan karang taruna  oleh DINSOSNAKERTRANS. Sosialisasi politik dan perlindungan masyarakat oleh KESBANGPOLINMAS, dan Sosialisasi UU No 24 tahun 2007 tentang pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat oleh BPBD Kab. Manggarai.

Selain kegiatan penyuluhan, sosialisasi dan pemutaran film, juga dilakukan kegiatan bakti sosial berupa pembukaan jalan baru antar desa sepanjang ± 2,5 km dari Kajong menuju sambi.

 (Humas dan Protokol Setda Kabupaten Manggarai).