Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

HUT Bhayangkara ke 73 di Kabupaten Manggarai Dilaksanakan di Kecamatan Reok

Tanggal update: 11 Jul 2019 08:59, oleh: Aris

Upacara HUT Bhayangkara ke-73 di Kabupaten Manggarai tahun 2019 dilaksanakan di halaman Kantor Polsek Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, hari Rabu, 10 Juli 2019, mulai pukul 09.00 Wita.

Kapolres Manggarai, AKBP Cliffry Steiny Lapian, SIK, bertindak selaku Inspektur Upacara, dan yang menjadi Komandan Upacara adalah Ipda Daniel Djihu.

Turut hadir pada upacara tersebut, Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Manggarai, Ketua KPU Kabupaten Manggarai Timur, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kapolres Manggarai membacakan amanat Presiden RI yang berisi apresiasi kepada anggota Polri yang telah bekerja keras dalam pengabdian menjaga situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019.

“Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis,” demikian antara lain isi amanat Presiden.

Di samping itu, seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air.

Pemotongan Tumpeng Usai Upacara Peringatan HUT Bhayangkara di Reo. Foto : Humas Pro

Dalam amanatnya, Presiden RI juga menjelaskan bahwa Polri juga telah menunjukkan perubahan positif dalam pengelolaan keuangan. melalui raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

“Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menunjukkan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Indeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zona Integritas, yang terdiri dari 64 Satker dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 5 Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona Integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan,” ungkapnya.

Selain apresiasi, Presiden RI juga memberikan sejumlah instruksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas termasuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Dalam gelaran upacara ini juga diserahkan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada 11 anggota Kepolisian Resor Manggarai yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok. (*) 

Tim Humaspro Manggarai