Pemkab Manggarai

Bupati Deno Kamelus,Buka Lomba Pacuan Kuda Nanga Banda

RutengBupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,SH.MH secara resmi membuka kegiatan perlombaan pacuan kuda memperingati kemerdekaan Indonesia ke 73 tahun 2018,bertempat di Nanga Banda Reo-Kecamatan Reok,Kamis (26/7/2018).

Sejumlah daerah ambil bagian dalam perlombaan pacuan kuda yang berlangsung sejak Kamis (26/7/2018 ) hingga Minggu (29/7/2018),diantaranya Ngada,Bima,Manggarai Timur,Manggarai Barat,Jeneponto serta tuan rumah Manggarai.

Bupati Manggarai Deno Kamelus dalam sambutannya mengatakan besarnya animo masyarakat dan tempat yang representatif,sehingga menggunggah pemerintah melaksanakan lomba pacuan kuda untuk kedua kalinya setelah pada tahun 2017 kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Reo.

Kaitan dengan kemerdekaan Indonesia,menurut Bupati Deno Kamelus,salah satu yang harus dibanggakan sebagai orang Indonesia adalah keragaman budaya,bahasa,suku dan agama.

Bupati Deno Kamelus meyakini perbedaan-perbedaan tersebut sebagai modal dan kekuatan yang kemudian menjadi Indonesia Negara yang merdeka.

Pacuan kuda yang diadakan di Kabupaten Manggarai,kata Bupati Deno Kamelus juga mau menunjukan kepada daerah lain,bahwa Manggarai,Flores dan NTT umumnya juga bagian dari Indonesia yang memiliki kekhasan budaya.

Dijelaskannya,Kuda merupakan binatang yang memiliki nilai strategis secara budaya dan bagian dari sejarah kehidupan orang Manggarai.

Menjadi orang Indonesia dan bagian dari Manggarai adalah sebuah kebanggaan karena memilki nilai historis dan sejarah.

Beliau berharap dengan adannya pacuan kuda ini,kedepan masyarakat lebih banyak memelihara kuda agar bisa mengikuti perlombaan pacuan yang diadakan setiap tahun.

Dalam perlombaan pacuan kuda ini,dimeriahkan juga kuda pacu milik Bupati dan wakil Bupati Manggarai bernama Mbape dan Sinar Watang,Kuda milik Bupati Ngada Paulus Sili Woa,serta kuda milik mantan Bupati Ngada Marianus Sae bernama Ratu Ture Tea.

Bupati Deno kamelus menambahkan,selain lomba pacuan kuda,kegiatan lain juga akan diadakan yakni,pertandingan sepak bola Liga desa usia 23 tahun dan antar club di kecamatan yang akan diadakan akhir bulan Agustus.Tiap Club yang juara,nantinya akan diutus untuk mengikuti perlombaan di tingkat Kabupaten.

Turut hadir menyaksikan lomba pacuan kuda ini,diantaranya,Sekda Mansetus Mitak,S.H,Kasdim Mayor Inf.Mohammad Yamin,Ketua Harian Koni Apri Laturake,S.H,jajaran Polsek Reo,Pimpinan OPD,ketua dan anggota Pordasi serta masyarakat Reo dan sekitarnya.  (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *