Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Dandim Rudi Markiano : HUT TNI ke 73 dijadikan Refleksi dan Introspeksi

Tanggal update: 10 Oct 2018 19:53, oleh: Aris

Ruteng – Hari jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 73 yang diperingati tanggal 5 Oktober 2018 harus dijadikan bahan Refleksi dan Introspeksi bagi segenap prajurit TNI,khususnya yang bertugas di wilayah Manggarai Raya.

Hal tersebut diutarakan Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf.Rudi Markiano Simangunsong,ketika memberikan sambutan pada acara resepsiHUT TNI ke 73,bertempat di Makodim 1612 Manggarai,Jumat (5/10/2018).

Dandim Rudi Markiano menjelaskan dalam perjalanan TNI hingga usia 73 tahun,banyak koreksi,introspeksi dan evaluasi yang diberikan masyarakat kepada TNI ‘’Tentu itu menjadi kado terindah bagi kami dalam rangka meningkatkan kinerja,pengabdian,kepada bangsa dan Negara di waktu yang akan datang,’’Terang Dandim Rudi.

Dandim Rudi Markiano menjelaskan,Tema HUT TNI ke 73 yakni Profesionalisme TNI untuk rakyat.Dalam amanat Panglima TNI kata Dandim Rudi Markiano,pengambilan tema ini sebagai wujud pertanggung jawaban TNI kepada rakyat ‘’Tema ini sebagai wujud,bahwa apa yang kami kerjakan,apa yang kami lakukan adalah untuk memenuhi tugas kami dalam memberikan karya terbaik kepada masyarakat,bangsa dan Negara,’’Tegas Dandim Rudi.

‘’Melalui peningkatan profesionalisme kami,pendidikan,latihan,peningkatan Alutsista dan muaranya untuk meningkatkan pengabdian dan sumbangsih demi kemajuan masyarakat dan negeri yang kami cintai,’’Tambahnya.

Dijelaskannya,dalam Undang –Undang Dasar Negara tahun 1945 juga sudah diamanatkan pada alinea ke 4,bahwa Negara wajib melindungi segenap bangsa Indonesia,memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut menjaga ketertiban dunia.

Apa yang diamanatkan Konstitusi sambungnya juga menjadi kewajiban dari TNI sebagai organisasi ‘’Dalam perjalanan pengabdian kami,harus bisa menjamin bahwa tugas-tugas Konstitusional yang diberikan Negara,bisa kami emban sesuai porsi yang diberikan kepada kami,’’Ujarnya.

Pada kesempatan itu,Dandim Rudi Markiano juga berpesan kepada Pimpinan Partai politik,penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu serta pihak-pihak yang terkait dengan pemilu,agar perhelatan pemilu yang akan diadakan tahun 2019 mendatang harus dipandang sebagai sarana untuk memajukan negeri.

‘’Semua pihak yang terlibat dalam pemilu agar membuang sikap-sikap Destruktif yang akan diselenggarakan tahun 2019,’’Ungkapnya.

Dandim Rudi juga menyinggung berita bohong (Hoax) yang bisa mengakibatkan Destruktif bagi persatuan dan kesatuan bangsa ‘’kalau Kita bagian dari Hoax atau berita bohong,maka kita juga termasuk bagian dari kejahatan,bodoh dan Idiot,Karena kata orang Hoax dibuat orang jahat,disebarkan orang bodoh dan dipercaya orang Idiot,’’disambut tawa undangan yang hadir.

Ditempat yang sama Bupati Manggarai Dr.Deno kamelus,SH,MH mengatakan perjalanan TNI hingga mencapai usia 73 tahun merupakan tuntunan dan bimbingan yang Maha kuasa.

Bupati Deno Kamelus menerangkan Negara juga mengandung prinsip pembagian kekuasaan (Devetion of Power ).

‘’Dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa dan negara,Kita dibagi tugas,ada tugas Legislatif membuat undang-undang,menyusun anggaran dan melakukan pengawasan,ada juga Executif dengan fariasi-fariasi didalamnya,Peradilan,kejaksaan serta pertahanan keamanan yakni TNI ,’’kata Bupati kamelus.

Dijelaskan Bupati Deno Kamelus dalam konteks pembagian kekuasaan (Devition Of Power ) dibutuhkan juga kerja sama ‘’Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membangun solidaritas dan kerja sama yang baik dalam rangka mewujudkan cita-cita tersebut,’’Papar Bupati kamelus.

Bupati Deno kamelus mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI dan jajarannya karena telah menjaga keutuhan Negara,baik secara geografis maupun secara sosial,ekonomi dan politik terutama di wilayah Manggarai.

Dalam kegiatan HUT TNI ke 73 ini,Bupati Manggarai Deno kamelus didaulat memotong tumpeng kepada salah seorang prajurit TNI di Makodim 1612 Manggarai yang berusia lanjut,yakni Kapten Musoli dan kejutan kue ulang tahun yang diberikan sejumlah personil Polres Manggarai kepada pihak Makodim 1612 Manggarai.

Bupati Manggarai didampingi Dandim1612,Kapolres Manggarai Barat,Kapolres Manggarai,sekda Manggarai Barat,Ibu Pendeta,foto bersama saat acara resepsi HUT TNI ke 73 di Makodim 1612 Manggarai.  Foto : Aris 

Acara HUT TNI juga dihadiri Kapolres Manggarai AKBP Stenny Cliffry Lapian,Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumawardono,Sekda Manggarai Barat Rofinus Mbon,utusan Pemerintah Kabupaten Manggarai timur,pimpinan Parpol,Pimpinan OPD Kabupaten Manggarai,Kepala BUMN/BUMD,Aparat Brimob Kompi C,aparat Polres Manggarai,aparat TNI Kodim 1612,ibu-Ibu Persit Kartika Candra Kirana,serta insan pers.  **(arismarsal)