Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Polres Manggarai Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2019

Tanggal update: 17 Sep 2018 21:37, oleh: Aris

Ruteng ; Dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan jelang pesta demokrasi pemilihan legislatif dan pemilihan presiden (Pileg dan Pilpres ) 2019 mendatang,Kepolisian Resort Manggarai menggelar deklarasi damai yang berlangsung di Aula MCC Ruteng,Minggu (16/9/2018).

Acara Deklarasi damai tersebut melibatkan tokoh Agama,tokoh masyarakat,tokoh pemuda,PMKRI,GMNI,pimpinan parpol,para lurah anggota DPRD,para caleg,serta Insan pers.

Turut hadir Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,SH,MH,Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur,Kapolres Manggarai AKBP Stenny Cliffry Lapian,S.I.K,Dandim 1612 Manggarai Letkol Rudi Markiano Simangunsong,S.Sos,Vikjen Keuskupan Ruteng Romo Alfons Segar,pr,serta Ketua KPU Hendri Dewanto Dao.

Bupati Manggarai dan Wakil Bupati Manggarai,didampingi Kapolres,Dandim,Ketua KPUD,serta elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu 2019 bersama-sama mengucapkan Ikrar untuk Pemilu yang Damai,Aman dan Sejuk.  Foto ; Aris

Bupati Deno Kamelus dalam sambutannya mengatakan dalam konteks pemilu 2019,yang memegang peran adalah calon,baik itu calon presiden dan wakil presiden,calon DPD,calon DPR,DPRD,baik dari tingkat pusat sampai tingkat kabupaten.

Bupati Deno Kamelus menuturkan,dari perspektif atau pendekatan secara ilmu sosial dapat dijelaskan baik dalam situasi yang buruk atau baik,pelaku atau perilaku dari pemegang peran.

Jika perilaku para pemegang peran ini baik,maka keadaan pasti baik ‘’Kalau kemudian keadaan tidak aman,maka sangat mudah dicari,pemegang peran mana saja yang membuat keadaan tidak baik,’’Kata Bupati kamelus.

Dari pendekatan ilmu sosial yang berkaitan dengan kegiatan politik ujar Bupati Deno Kamelus yakni adanya lembaga-lembaga pelaksana seperti Banwaslu,KPU serta penyelenggara pemilu lainnya ‘’kalau ada perilaku buruk dari lembaga penyelenggara,itu juga berdampak pada keadaan yang pasti buruk,’’Terang Bupati kamelus.

Karena itu Beliau mengharapkan lembaga-lembaga penyelenggara pemilu memiliki peran yang baik agar pelaksanaan pesta demokrasi dapat berjalan baik.

Menurut Bupati Deno Kamelus,tim kampanye juga termasuk pemegang peran ‘’Kadang-kadang yang calegnya bagus prilakunya,tapi tim kampanyenya yang berprilaku tidak baik,’’Jelas Bupati kamelus.

Dijelaskannya,peran positif Media juga dibutuhkan dalam pemilu 2019 mendatang baik itu Televisi,media cetak,media online maupun media sosial.

Tokoh Adat,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat serta tokoh pemuda beserta elemen lainnya,menandatangani kesepakatan mendukung Pemilu Damai 2019.  Foto ; Aris

Sementara itu,Kapolres Manggarai AKBP Stenny Cliffry Lapian,S.I.K mengharapkan agar seluruh komponen yang terlibat agar bisa mendukung dan membantu dalam penyelenggaran pilpres dan pileg 2019 mendatang demi tercapainya situasi yang aman,damai dan sejuk.

Ditempat yang sama Dandim 1612 Manggarai Letkol Rudi Markiano Simangunsong,S,Sos menegaskan pihak TNI tentunya bekerja sama dengan pihak Kepolisian selalu menjaga kenyamanan dan keamanan menjelang Pemilu 2019.

Terkait netralitas TNI dalam pemilu Dandim Rudi Markiano menegaskan pihak TNI baik pusat sampai kedaerah-daerah tetap menjaga netralitas dalam pemilu ‘’Sama dengan kepolisian,TNI juga bersikap netral.Kalau purnawirawan itu warga Negara biasa,mereka (Purnawirawan-red) tidak berpengaruh pada organisasi,secara emosional kita berhubungan,tapi secara politik tidak ada kaitan dengan Institusi,’’Tegas Dandim Rudi.   **(arismarsal)