Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Wabup Victor Madur,Minta Disdukcapil Tingkatkan Pelayanan

Tanggal update: 15 Aug 2018 19:59, oleh: Aris

Ruteng ; Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Wabup Victor Madur mengatakan Pelayanan surat-surat kependudukan seperti KTP,Akta lahir,Akta nikah,Kartu Keluarga dan lain-lain sebisa mungkin tidak dikenakan pungutan-pungutan,terutama bagi warga tidak mampu ‘’Saya minta semua ASN yang bekerja di Capil,untuk tidak melakukan pungutan,’’Tegas Wabup Madur.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Victor Madur kepada Media ini,ketika melakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berlokasi di jalan Ade Irma Nasution Kelurahan Bangka Nekang,Kecamaatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai,Rabu (15/8/2018 ).

Wakil Bupati,Kadis Dukcapil,Kadis Kominfo serta ASN Lingkup Dinas Dukcapil sedang

Mengikuti Ritual Adat Tesi Pembangunan Kantor Dukcapil.  Foto ; Aris

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Drs.Kanja Antonius berjanji akan meningkatkan mutu pelayanan di Instansi yang dipimpinnya.

Terkait pelayanan Dirinya menjelaskan,sejak tanggal Tiga Agustus 2018 Server untuk melayani surat-surat kependudukan bagi masyarakat di Kabupaten Manggarai masih mengalami Virus ‘’Server Kami mengalami kendala,sehingga pelayanan hingga saat ini belum berjalan baik,” Ujar Kadis Antonius.

Namun diakuinya selama beberapa hari,pihaknya melakukan terobosan dengan merekayasa perangkat untuk mengganti puji server yang mengalami virus ‘’Server yang ada kita pinjam dari Kecamatan Wae ri'i dan dari Kementerian Dalam Negeri,’’Terang Kadis Antonius.

Dijelaskannya,hingga saat ini belum dipastikan sampai kapan server-server yang terkena virus tersebut bisa kembali normal dan bisa kembali melayani masyarakat ‘’Kita tunggu saja solusinya seperti apa kedepan,karena kajian sudah kami masukan,’’Katanya. 

Romo Andi Latubatara,pr sedang memberkati peralatan tukang dan lokasi bangunan kantor

Dinas Dukcapil sebelum dimulai proses pengerjaan.  Foto : Aris

Acara adat Tesi dengan menyembelih satu ekor ayam putih oleh tua adat dan tokoh masyarakat kampung Nekang mengawali kegiatan peletakan batu pertama kantor tersebut.

Acara adat tesi bermakna,agar nanti ketika para tukang mulai bekerja, tidak mengalami kendala dan gangguan selama proses pengerjaan bangunan.

Untuk itu terlebih dahulu para tokoh adat dan toko masyarakat melaksanakan ritual adat Tesi atau meminta ijin kepada para leluhur.

Selain melakukan ritual adat Tesi,tokoh agama yang diwakili oleh Romo Andi Latubatara,pr juga memberkati seluruh peralatan tukang mulai dari sekop,linggis,batu serta peralatan lainnya yang digunakan dalam pengerjaan bangunan kantor nantinya.

Pembangunan kantor baru Disdukcapil ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV.Sinar Kakor,bersumber dari Dana Alokasi Umum ( DAU) dengan nilai kontrak sebesar Dua Milyar Enam Puluh Tujuh Juta Sembilan Ratus Tiga Belas Ribu Enam Ratus Sebelas Rupiah (Rp.2.067.913.611,-)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Kepala Dinas Kominfo Drs.Silvanus Hadir,MMA,Staf Ahli Bupati,Asisten,ASN Lingkup Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,para tukang serta insan pers.   (ars)