Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Jelang HUT 73 RI, Pemkab Manggarai Gelar Ritual Teing Hang

Tanggal update: 14 Aug 2018 10:04, oleh: Yoga

 

RUTENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai menggelar ritual adat te’ing hang dan co’it gendang dalam rangka HUT ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018. Ritus ini bermakna memberi sesajen kepada para leluhur demi kelancaran pelaksanaan kegiatan hari jadi ke 73 RI. Acara berlangsung di aula Nuca Lale, Kantor Bupati Manggarai, Sabtu (11/08).

 

Acara diawali dengan kapok dari Pemkab Manggarai kepada  tetua adat Langgo, Langkas serta para peserta yang hadir. Tua adat Langgo Langkas, Aloisius Natar bersama sejumlah perwakilan dari Pemkab Manggarai  kemudian melakukan acara wantek di Compang yang terletak di halaman kantor Bupati. Acara ini bermakna mengundang para leluhur untuk mengikuti ritus teing hang dan co’it gendang.

 TABUH GENDANG: Bupati Manggarai, DR.Deno Kamelus, SH.MH tengah menabuh gendang bersama para tua gendang Langgo, Langkas sesaat usai acara co'it gendang di aula Nuca Lale. Gambar : Yoga

 

Menurut Kepala Diskominfo Manggarai, Drs. Silvanus Hadir, MMA, ritus adat ini dilaksanakan untuk memohon restu dari para leluhur agar berbagai kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke 73 RI bejalan lancar. Ritus ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI. Silvanus berharap, masyarakat bisa melestarikan adat dan budaya sebagai warisan berharga dari para pendahulu.

 

Disaksikan media ini, acara ini dihadiri Bupati Manggarai, DR. Deno Kamelus, SH.MH, Unsur Forkopimda, Sekda Manggarai, Manseltus Mitak, SH, Para Staf Ahli Bupati  dan Asisten Sekda serta para kepala OPD Lingkup Pemkab Manggarai.***YOGA