Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Wabup Victor Madur Lantik 6 Pejabat Administrator

Tanggal update: 06 Jul 2018 10:31, oleh: Aris

Ruteng : Bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai,Kamis (5/7/2018),Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur melantik dan mengambil sumpah Enam orang Pejabat Administrator di Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 Wita tersebut dihadiri Sekertaris Daerah Mansetus Mitak,SH para Kepala OPD,Staf Ahli Bupati,Asisten Setda,Saksi Rohaniwan Romo Beni Bensi,pr,Saksi PNS Sekertaris Badan Kepegawaian,pendidikan dan pelatihan Drs.Theodorus Taram dan Sekertaris Inspektorat Drs.Maksimilianus Tarsi,Ketua Dharma Wanita Persatuan,Tim Penggerak PKK,keluarga pejabat yang dilantik,ASN serta insan pers.

Para pejabat yang dilantik tertuang dalam keputusan Bupati Manggarai nomor HK/282/2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan Administrator lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai dan petikan Keputusan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia nomor 821.23-872.

Bahwa untuk kepentingan Dinas berdasarkan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Managemen pegawai negeri sipil,maka perlu dengan segera mengangkat dan memberhentikan Pegawai Negeri Sipil.

Bahwa Pegawai Negeri Sipil dalam keputusan ini dianggap mampu  dan memenuhi syarat untuk diangkat dalam jabatan Administrator Lingkup Kabupaten Manggarai.

Beberapa Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah tersebut,diantaranya :

1.Adrianus R. Kejuru,S.Sos jabatan lama Camat Ruteng,jabatan baru

    Sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol 

2.  W.F.Junedi Jarut,SE jabatan lama Kepala Bagian Humas dan

      Protokol,jabatan baru sebagai Sekertaris Badan Kesatuan Bangsa

      Politik dan Masyarakat

 3. Drs.Yohanes Ngarut jabatan lama Sekertaris Dinas Pemberdayaan

      Masyarakat Desa,jabatan baru Kepala bagian Perundang

      Undangan DPRD Kabupaten Manggarai

4.  Rudi Rudolf Beno,MM jabatan lama Kabid pengelolaan Informasi

      Administrasi Kependudukan

      Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil,jabatan baru Sekertaris

      Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa

5.   Fransiskus Gero,S.pd jabatan lama Kabid Pembinaan

       SMP,jabatan baru Sekertaris Dinas Pendidikan

  6.  Agustinus Sutardi,SS,TP jabatan lama Kepala Sub Bagian

        Perencanaan Dinas Kependudukan pada Dinas Kependudukan

        Dan Catatan Sipil,jabatan baru Kabid Pengelolaan Informasi

        Administrasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

 

Wakil Bupati Manggarai Victor Madur ketika melantik dan mengambil sumpah para Pejabat

Administrator,di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai.  Foto : Aris

Wakil Bupati Manggarai Drs.Victor Madur ketika membacakan sambutan Bupati Manggarai mengatakan Acara pengambilan sumpah dan pelantikan merupakan bagian penting dari penyelenggaraan pemerintahan agar dapat berjalan baik dan sesuai yang diharapkan.

Para pejabat yang dilantik akan mengisi jabatan baru dan sebagian akan mengisi kekosongan karena berbagai alasan.Sebagian mendapat promosi karena dianggap cakap dan mampu dan sebagian lagi merupakan penyegaran bagi pejabat yang mengalami pergeseran.

Selanjutnya,tugas yang dijalani ini harus dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab,muara dari semuanya itu terwujudnya penyelenggaran pemerintahan,pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang semakin baik di Daerah ini (red-Manggarai).

Sebagai dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja,pelantikan ini hendaknya dipandang dari sudut organisasi,hal utama yakni bukan penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Pelantikan tidak hanya berorientasi pada pengembangan karir pegawai dan kepentingan pribadi,namun lebih dari itu peristiwa ini merupakan upaya pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaran tugas dan pelayanan publik.

Oleh karena itu berbagai barometer telah digunakan sebelum sampai pada pelantikan.Adapun alat ukur yang dipakai adalah pertimbangan kapasitas,kopetensi,loyalitas,integritas,moralitas,mutasi jabatan,pendidikan dan pelatihan serta nilai komitmen tanggung jawab terhadap tugas Negara.

Para Pejabat Administrator yang dilantik,foto bersama sesaat setelah acara pelantikan

diaula Ranaka kantor Bupati Manggarai.  Foto : Aris

Pejabat Eselon Tiga diibaratkan sebagai juru masak kebijakan,itu berarti kebijakan disatu organisasi akan ditentukan oleh kemampuan,komitmen,integritas dan loyalitas pejabat Eselon Tiga dalam menemukan dan meramu bahan baku yang tepat untuk disampaikan kepada pimpinan.

Dalam hubungannya dengan hal tersebut,hal-hal yang harus ditingkatkan adalah wawasan yang luas,perluasan data,informasi serta etos kerja yang tinggi.

Dengan demikian cita rasa managerial akan sangat baik,fungsi-fungsi managemen berjalan sebagaimana mestinya dan hubungan kerja antar staf dan pimpinan berjalan harmonis.

Landasan yang harus dipegang adalah Visi-Misi  Kabupaten Manggarai periode 2016-2021,setiap pekerjaan yang dilakukan ditempat yang baru hendaknya berorientasi pada tujuan bersama,yakni Manggarai yang maju,makmur,sejahtra adil dan merata yang Diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.Yang dipandu oleh Lima Misi kabupaten Manggarai  mulai ekonomi,pendidikan,kesehatan,lingkungan hidup dan hukum.

Bupati Deno Kamelus berharap kepada para pejabat yang dilantik,Pertama ; terus menjaga dan mempertahankan integritas,loyalitas,disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab masing-masing.Kedua : tingkatkan sensitifitas dan sikap responsive terhadap tantangan dan persoalan baru baik didalam maupun diluar induk organisasi.Ketiga : pupuk semangat untuk mewujudkan Good Government dan menjauhkan diri untuk tidak melakukan Korupsi,Kolusi dan Nepotisme ( KKN ) dalam menjalankan program dan kegiatan.Keempat : melakukan terobosan dengan mengedepankan kreatifitas dan Inovasi.Kelima : gunakan seluruh sumber daya yang ada secara optimal,sehingga produktifitas maksimal di masing-masing unit yang ada dapat tercapai.   **arismarsal