Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Kamelus Resmikan Kantor Camat Cibal

Tanggal update: 11 Apr 2018 08:05, oleh: Aris

 

Ruteng-Bertempat di Pagal,Kecamatan Cibal kabupaten Manggarai,Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,SH.MH,meresmikan kantor Camat Cibal,Selasa(10/4/2018).

Sebelum menuju ke kantor Camat baru,Bupati dan rombongan yang terdiri dari Pimpinan OPD,Staf Ahli Bupati,serta Asisten,terlebih dahulu diterima adat Manuk kapu dan Tuak Curu oleh Tua adat dari Gendang Pagal dan Gendang Peso disaksikan Camat Cibal Ir.Lorens Jelamat dan Lurah Pagal Mikael Arsito.

Rombongan kemudian diarak menuju kantor camat diiringi grup ronda,para Kepala Desa,Tim Penggerak PKK kecamatan,Tokoh Adat,Toko Pemuda,Toko Perempuan serta warga sekitar.

Bupati Manggarai Deno Kamelus diterima secara Adat di Kantor Camat Cibal.  Foto : Aris

Bupati Manggarai Deno Kamelus ketika memberikan sambutan mengatakan kantor camat yang baru ini merupakan salah satu bagian yang dibutuhkan dalam rangka pelayanan publik ‘’Jadi dalam pelayanan publik itu,ada standarnya,dan standar itu diatur dalam peraturan Menpan.Pelayanan publik apa saja,macam-macam,ada kesehatan,pendidikan,tata pemerintahan,kecuali pernikahan karena itu diatur oleh Pastor,’’Jelas Bupati Kamelus.

Menurut Bupati Deno kamelus terdapat sepuluh standar dalam pelayanan publik,salah satunya berkaitan dengan sarana dan prasarana.Sementara Sembilan lainnya berhubungan dengan manusia ‘’Apa Sembilan lainnya,pertama disiplin.Biar kantor bagus,bikin dari marmer,tapi kalau tidak disiplin percuma,’’Kata Bupati kamelus.

Bupati Deno Kamelus mengingatkan seluruh jajaran di kecamatan,terkait sepuluh standar pelayanan publik,salah satunya berhubungan dengan benda seperti sarana dan prasarana,sementara Sembilan lainnya berhubungan dengan manusia ‘’Yang berhubungan dengan manusia itu disiplin dan kaitan juga dengan sikap atau karakter dan budaya kerja manusia,’’Katanya.

Dalam persepsi pembangunan kata Bupati Deno Kamelus,bangunan kantor camat hanya sebuah alat atau sarana yang membantu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ‘’Saya sebenarnya hanya resmikan satu pelayanan publik hari ini,sementara Sembilan pelayanan publik lainnya,Camat kemudian para pegawai,kepala desa,Bapak-Ibu sekalian yang resmikan,resmikan tanggung jawab,disiplin,tepat waktu,akurasi,Itu beberapa pelayanan publik dalam diri Anda semua,’’Terang Bupati Kamelus.

Dengan adanya kantor baru,Bupati Deno Kamelus berharap ada pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan mengubah tradisi pelayanan terutama pelayanan publik.

Dijelaskannya,dalam kepemimpinan Deno-Madur terdapat Sembilan hal yang merupakan standar dalam pelayanan publik ‘’Selama Dua tahun pertama,Saya dan Pa Victor lebih memberikan perhatian khusus pada soal disiplin,’’Ujarnya.

Bupati Deno Kamelus juga berpesan agar seluruh jajaran di kecamatan agar menjaga baik bangunan gedung yang telah diresmikan ‘’Pa camat tolong dijaga bangunan ini,’’Pinta Bupati Kamelus.

Bupati Manggarai Deno Kamelus,didampingi Camat Cibal Lorens Jelamat memukul Gong Didepan

pintu Kantor Camat Cibal.   Foto : Aris

Ditempat yang sama Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Drs.John D Mbombo dalam laporannya menjelaskan pembangunan kantor kecamatan Cibal dilaksanakan selama 135 hari kalender,terhitung sejak 25 juli 2017 hingga 7 desember 2017.

Sementara anggaran pembangunan bersumber dari APBD Kabupaten Manggarai melalui DPA bagian Administrasi pemerintahan Setda tahun 2017,dengan total anggarai Rp.1.41.000.000.701.,(Satu Miliar Empat Puluh Satu Juta Tujuh Ratus Satu Ribu Rupiah) dan dikerjakan CV Dian Jaya.

Selesai memberikan sambutan,Bupati Manggarai secara resmi membuka kunci gedung baru kantor kecamatan Cibal,disertai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita.   **(arismarsal)