Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Bupati Deno Kamelus ; Penerapan E-Government Bukan Pilihan,Tapi Keharusan

Tanggal update: 20 Feb 2018 19:03, oleh: Aris

Ruteng ; Penerapan Electronik Government ( Pemerintahan Electronik) atau sistem aplikasi tata kelola pemerintahan berbasis Website kedepan bukan sebuah pilihan namun sebuah keharusan dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah daerah (RKPD ).

Hal tersebut ditegaskan Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,SH.MH dalam sambutannya yang  dibacakan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Manggarai Drs.Frans kakang ketika membuka secara resmi kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Ruteng di Aula kantor Kecamatan Ruteng,Senin (19/2/2018).

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Manggarai Frans kakang,ketika membuka Kegiatan Musrenbang di Aula Kantor Kecamatan Ruteng.   Foto : Aris

Menurut Bupati Deno Kamelus mekanisme tahun 2018 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,dimana pada tahun 2018 semua sistem kerja pemerintahan Kabupaten Manggarai akan dilakukan secara online.

Hasil kegiatan Musrenbang kata Bupati Deno Kamelus akan menjadi masukan dalam penyusunan dan perencanaan kerja Pemerintah Daerah  (RKPD ) tahun 2019 lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Bupati Deno Kamelus menerangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 pasal 14 menegaskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah harus disusun berbasis E-Planning.Penerapan Aplikasi E-Planning dimulai dari perencanaan tingkat Desa/Kelurahan,Kecamatan sampai Kabupaten.

Menurut Bupati Deno Kamelus,salah satu unsur penting penerapan E-Government yang didalamnya terdapat aplikasi E-Planning dan E-Budgeting adalah terjadinya transformasi penyelenggaraan Pemerintahan menjadi lebih efektif,efisien,transparan,akuntabel,serta tertib dengan memanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi menuju Good Government (Pemerintahan yang Baik ).

Oleh karena itu Bupati Deno Kamelus meminta penerapan aplikasi ini tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada perangkat Daerah tertentu,tetapi kembali kepada komitmen dan peran serta pengambil kebijakan seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Manggarai.

Bupati Deno Kamelus berharap agar penerapan E-Planning dan E-Budgeting dapat membantu Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan penyelenggaraan pemerintahan menjadi lebih partisipatif,transparan,akuntabel dan dapat dikontrol langsung oleh masyarakat secara online.

Untuk itu Bupati Deno Kamelus menginstruksikan kepada seluruh pimpinan OPD agar terlibat aktif dalam mengimplementasikan E-Government,termasuk E-Planning dan E-Budgeting.  ***arismarsal

Para Kepala Desa,Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda serta Masyarakat sedang mengikuti Kegiatan

Musrenbang Tingkat Kecamatan Ruteng,di Aula kantor Kecamatan.  Foto : Aris