Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Jelang Akhir Tahun,Bupati Deno Kamelus Kembali Berkantor Di Desa

Tanggal update: 18 Dec 2017 17:39, oleh: Aris

Ruteng –Di penghujung tahun 2017,agenda berkantor di desa Bupati Manggarai DR.Deno Kamelus SH.MH kembali di laksanakan.

Kali ini Bupati Manggarai bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),Staf Ahli Bupati,unsur Forkopimda serta rombongan sejumlah staf OPD berkantor di Desa Ruis,Kecamatan Reok Barat,Sabtu (16/12/2017).

Berangkat dari Ruteng,Bupati dan rombongan menyempatkan diri melihat pembangunan Puskesmas Pagal yang tengah dibangun,kemudian pembangunan rumah-rumah tidak layak huni dibeberapa tempat,diantaranya di desa Riung.

Tiba di desa Ruis sekitar pukul 12.00 wita,Bupati dan rombongan diterima secara adat oleh perwakilan lima dusun yang ada di desa Ruis,kemudian diarak menuju rumah gendang untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pangan lokal yang disiapkan warga desa Riung.

Sebelum memberikan sambutan,Bupati Deno kamelus secara simbolis menyerahkan bantuan 12 unit kendaraan roda 4 dari DAK Afarmasi Transportasi tahun 2017,yang diwakilkan kepada Bumdes watu tango desa Watu Tango dan Bumdes Racang desa Watu Aur.

Bupati Deno Kamelus didampingi Kadis Perhubungan Kabupaten Manggarai Martinus Apri Laturake,mencoba kendaraan roda dua,sebelum diserahkan kepada masyarakat.  Foto : Aris

Selain itu Bupati Deno Kamelus juga memberikan bantuan 16 buah kapal berkapasitas 16 gross ton kepada masyarakat diwilayah pesisir utara,yakni ; Lemarang,Piso,robek sampai Reo dan masyarakat dipesisir selatan,yakni ; Nanga Paang,Iteng dan Nanga Ramut.

Dalam sambutannya dihadapan ratusan warga Desa Ruis,Bupati Deno Kamelus kembali menegaskan berkantor di desa merupakan salah satu inovasi manajemen pemerintahan sejak Beliau dan Wakil Bupati Drs. Victor Madur memimpin Manggarai 2016 lalu.

Bupati Deno kamelus mengatakan berkantor di desa untuk memastikan program-program yang sedang berjalan di desa di seluruh Kabupaten Manggarai berjalan efektif termasuk di desa Ruis ‘’Contoh perbaikan rumuh tidak layak huni,pustu,sarana pendidikan,air minum bersih,itu berjalan baik atau tidak ,’’kata Bupati kamelus.

Berkantor di desa lanjut Bupati Deno kamelus juga penting,untuk berdialog dengan masyarakat dan mengetahui persoalan atau masalah yang dihadapi masyarakat,agar pemerintah bisa mengintervensi persoalan-persoalan yang ada ‘’jangan pilih Bupati waktu Pilkada saja,ketika masyarakat ada masalah,Bupatinya hanya duduk diam saja di kantor,Jadi pemimpin tidak boleh berdiam diri saja,harus turun langsung lihat masyarakat,’’Ungkap Bupati Kamelus.

Bupati Deno Kamelus bersama pimpinan OPD,unsur Forkopimda ketika berkunjung di Desa Ruis,Kecamatan Reok Barat.  Foto : Aris

 

Setelah memberikan sambutan,Bupati Deno Kamelus kemudian berdialog dengan tokoh masyarakat,para kepala desa,sekertaris desa se kecamatan Reok Barat.

Sementara pimpinan OPD langsung menuju ke beberapa dusun yang ada di desa Ruis guna mendengarkan secara langsung persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat.

Setelah berkantor di desa Ruis,agenda kegiatan selanjutnya pada Minggu ( 17/12/2017 ),setelah mengikuti perayaan Ekaristi di Gereja Reo,Bupati dan rombongan langsung meresmikan jembatan Ulu Wae Pesi yang menghubungkan Kecamatan Cibal Barat dan Kecamatan Reok Barat.

Mantan Bupati Manggarai dua periode Drs.Christian Rotok turut hadir dalam peresmian jembatan Ulu Wae Pesi tersebut.

Mantan Bupati Christian Rotok mengatakan kondisi topografi yang sulit pada saat peletakan batu pertama pembangunan jembatan dan keterbatasan sumber biaya sehingga pembangunan jembatan menjadi kendala ''Saya pernah janji,jembatan sudah bisa dipakai tahun 2015,tapi karena banyak kendala,ya batal jadinya,''ujar Christian Rotok.

Calon Wakil Gubernur NTT ini berharap dengan digunakannya jembatan Ulu Wae Pesi,lalu lintas dari Cibal Barat ke Reok Barat bisa lancar sehingga pembangunan ekonomi masyarakat semakin lancar.

Sementara itu Bupati Manggarai DR.Deno Kamelus,SH.MH dalam sambutannya mengatakan pembangunan jembatan Ulu Wae Pesi ini merupakan salah satu program prioritas yang dicanangkan pemerintah Kabupaten Manggarai ''Program prioritas lain seperti jalan,listrik,air minum bersih,jembatan,sanitasi,puskesmas,pada tahun 2018 mendatang juga dilaksanakan,''Papar Bupati Deno Kamelus.   **(arismarsal)