Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI MANGGARAI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI MANGGARAI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Post terbaru

Next Last

Daftar agenda

Next Last

Link Banner

Kerja 3ersama

Website Prov NTT

infopublik

Dokumentasi Hukum

BPS Kabupaten Manggarai

LPSE Kabupaten Manggarai

Satlantas Polres Manggarai Gelar Operasi Zebra 2017,Masyarakat di Minta Lengkapi Dokumen Kendaraan.

Tanggal update: 02 Nov 2017 12:10, oleh: Aris

Ruteng- para pengendara baik roda dua,roda empat maupun roda enam yang ada di wilayah hukum Kepolisian Resort Manggarai dan Manggarai Timur, dihimbau untuk segera melengkapi surat-surat atau dokumen kendaraan bila tidak ingin kendaraan mereka terjaring razia

Pasalnya aparat gabungan dari Polres Manggarai, yang terdiri dari satuan Shabara dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) akan menggelar Operasi Zebra Turangga 2017 di wilayah Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur.

Kapolres Manggarai AKBP.Marselis Sarimin Kerong,Mpd melalui Kasatlantas Polres Manggarai Iptu Jainudin kepada Media ini,  (Rabu 1/11/2017 ), menjelaskan Operasi Zebra Turangga 2017 akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 14 November 2017, untuk itu dia meminta masyarakat agar melengkapi semua dokumen kendaraan.

Iptu Jainudin menerangkan sasaran dan fokus dari operasi Zebra ini di antaranya; kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan helm, pengendara yang berboncengan tiga orang, plat nomor yang tidak sesuai, dan lain-lain, ‘’Contohnya tidak pakai helm, hal-hal ini yang sering diabaikan masyarakat, sehingga angka kecelakaan terus meningkat,’’ kata Jainudin.

Untuk wilayah operasi jelas Iptu Jainudin seluruh wilayah kota Ruteng akan di operasi, sementara di luar kota Ruteng akan dilakukan operasi di perbatasan menuju Reo, Iteng, Borong dan Labuan Bajo.

Dalam operasi ini Iptu Jainudin menjelaskan akan ada dua system yang digunakan, yakni : sistem stasioner dengan merazia di tempat dan sistem selanjutnya yaitu hunting sistem dengan cara berburu atau mengejar, ‘’Kami mengejar dalam arti,tidak mencederai para pelanggar ,’’ jelas Iptu jainudin

Kasatlantas Polres Manggarai Iptu Jainudin.  Foto : Aris

Dijelaskannya, dalam operasi ini ada beberapa Satuan Tugas (Satgas) yang dibagi dalam beberapa tugas, ada Satgas Preventif, satgas penegakan hukum, dan satgas operasional.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada para pengendara agar melengkapi surat-surat kendaraan dan mentaati seluruh aturan berlalu lintas serta tidak mengendarai kendaraan dengan ugal-ugalan, ngebutan di jalan, yang bisa membahayakan nyawa sendiri maupun pengguna jalan dan pengendara lain.

Terkait plat nomor, Kasatlantas Jainudin yang baru bertugas dua bulan di Kabupaten Manggarai ini mengatakan sebanyak 8.000 set plat nomor kendaraan sudah diajukan ke Ditlantas, ‘’Selama ini kendalanya di percetakan, sudah kami ajukan plat nomor untuk di Manggarai dan Manggarai Timur,’’ terang Jainudin.

Iptu Jainudin mengajak masyarakat yang ingin mengambil plat nomor, saat ini sudah bisa mengambil di kantor Satlantas Polres Manggarai, karena pengurusannya sudah di Satlantas bukan di Samsat, ‘’Di Samsat fasilitasnya tidak memadai, sudah tidak layak lagi jadi kantor,’’ ujar Iptu Jainudin.

Selain karena fasilitas di Samsat kurang memadai, Iptu Jainudin menambahkan pemindahan pelayanan ke Satlantas semata-mata agar pelayanan kepada masyarakat juga lebih prima.   **(arismarsal)