Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI MANGGARAI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI MANGGARAI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Post terbaru

Next Last

Daftar agenda

Next Last

Link Banner

Kerja 3ersama

Website Prov NTT

infopublik

Dokumentasi Hukum

BPS Kabupaten Manggarai

LPSE Kabupaten Manggarai

Pemkab Manggarai Tandatangan MoU E-Government Dengan Pemkab Batang

Tanggal update: 19 Oct 2017 09:00, oleh: Yoga

Batang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai menjalin kerja sama penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (Elektronic Government) dengan Pemkab Batang, Propinsi Jawa Tengah. Penandatanganan MoU oleh Bupati Manggarai, DR. Deno Kamelus, SH.MH dan Bupati Batang, H. Wihaji, S.Ag, Mpd berlangsung di kantor Bupati Batang, Kamis (12/10).

Hadir saat itu Wakil Bupati Batang, para Staf Ahli Bupati Batang, Para Assisten Sekda Batang, Pimpinan OPD sekabupaten Batang. Sementara dari Pemkab Manggarai turut hadir Kepala BP4, Martinus Jekau, SH dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Silvanus Hadir, MMA.

Bupati Batang, H. Wihaji, S.Ag, Mpd dalam sambutannya mengatakan, sistem Informasi dewasa ini berkembang pesat seiring kecepatan perkembangan teknologi informasi. Keberadaan sistem informasi di era digital diyakini mampu mendukung kinerja, meningkatkan efisiensi, efektifitas dan produktivitas organisasi pemerintah dan dunia usaha. Hal ini  juga dapat  mendorong pada terwujudnya masyarakat yang maju dan sejahtera.

Menurut Bupati Wihaji, salah satu manfaat sistem informasi bagi pembangunan daerah yaitu pengembangan sistem informasi yang diarahkan untuk menunjang perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah.

Dia menjelaskan,  Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah atau E-Planning yaitu sistem teknologi informasi berbasis WEB yang berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah data hasil pelaksanaan Musrenbang secara berjenjang untuk menghasilkan Matriks Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). E-Planing akan mempermudah proses penyusunan dokumen RKPD dan Rencana Kerja (Renja) Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) secara sistematis dan terstruktur yang akan  gunakan untuk penyusunan KUA PPAS.

Sedangkan E-Budgeting jelasnya, merupakan sistem teknologi informasi berbasis WEB yang berfungsi memfasilitasi penyusunan anggaran dan pendapatan daerah berdasarkan data dari E-Planning. E-Planing dan E-Budgeting ini pada akhirnya terintegrasi dengan baik ke dalam SIMDA Keuangan.

Menurut Bupati Wihaji, hingga kini pihaknya telah  memiliki 98 sistem aplikasi yang sifatnya layanan dengan teknologi. Beberapa diantaranya yaitu layanan E-Planning, E-bugeting, Simpel Bank, E-SAKIP, E-Hibah Bansos, E-Santunan Kematian.

Lebih lanjut dia berharap, Pemkab Manggarai bisa menjalin kerja sama yang baik dengan Pemkab Batang untuk penerapan sistem tersebut di Kabupaten Manggarai. Pasalnya sistim informasi ini akan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih baik.

Sementara Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH. MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Manggarai ingin melaksankan seluruh rangkaian penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan berbasis elektronik. Karena itu pihaknya memutuskan untuk bekerjasama dengan Kabupaten Batang yang sudah terlebih dahulu menerapkan E-Government.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Drs. Silvanus Hadir, MMA yang mendampingi Bupati Manggarai kepada media ini mengatakan, setelah penandatangan MOU antara Bupati Manggarai dan Bupati Batang akan dilanjutkan dengan Penandatangan perjanjian kerja sama oleh Sekretaris Daerah dua kabupaten. Kecuali itu juga akan dilaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) baik di Batang maupun di Kabupaten Manggarai. Bimtek itu nantinya melibatkan nara sumber dari Pemerintah Kabupaten Batang.

Usai penandatanganan MoU ke dua Bupati saling bertukar cendramata.****(YOGA)

MoU : Bupati Manggarai, DR. Deno Kamelus, SH.MH menandatangani MoU E-Government bersama Bupati Batang,H. Wihaji, S.Ag, Mpd. Foto : Kadis Kominfo Kab. Manggarai, Drs. Silvanus Hadir, MMA

CENDRA MATA : Bupati Manggarai, DR. Deno Kamelus, SH.MH dan Bupati Batang,H. Wihaji, S.Ag, Mpd saling bertukar cendramata usai penandatanganan MoU E-Government. Foto : Kadis Kominfo Kab. Manggarai, Drs. Silvanus Hadir, MMA