Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI MANGGARAI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI MANGGARAI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Post terbaru

Next Last

Daftar agenda

Next Last

Link Banner

Kerja 3ersama

Website Prov NTT

infopublik

Dokumentasi Hukum

BPS Kabupaten Manggarai

LPSE Kabupaten Manggarai

Omzet Petani Sayur Capai 1,5 Juta Rupiah Per Bulan

Tanggal update: 20 Dec 2016 14:36, oleh: Yoga

RUTENG - Omzet sayur para petani sayur di desa Bangka Kenda, Kecamatan Wae Rii setiap bulan mencapai 1,5 Juta Rupiah. Dari penghasilan itu, warga bisa membiayai kehidupan sehari-hari termasuk biaya pendidikan anak-anak. Sejumlah petani sayur di desa setempat menyampaikan hal itu kepada media ini, Selasa (20/12).

Salah seorang petani sayur, Ester Inda (35 tahun) mengatakan, dirinya mulai tekun menanam sayur untuk dijual sejak 20 tahun silam. Jenis sayur yang ditanam berupa sawi putih.

Ester menjelaskan, usaha menanam sayur sawi putih sangat mudah. Usia sayur dari pembibitan hingga panen hanya memakan waktu 1 sampai 1,5 bulan. Hasil panen kemudian dijual ke pasar Ruteng. Namun tak jarang pula pembeli yang mendatangi petani sampai ke lokasi.

Ester mengaku, saat ini luas lahan sayur yang digarapnya berukuran kurang lebih 10 X 20 meter persegi. Sekali panen, dirinya mendapatkan uang 1 sampai 1,5 Juta Rupiah. Pendapatan dari usaha sayur itu bisa membiayai keperluan rumah tangga hingga biaya pendidikan anak-anak.

Hal serupa diakui serorang petani sayur lainnya, Siprianus Antu. Menurut Antu, sejak lama dia dan keluarganya tekun menanam sawi putih untuk dijual. Hasil penjualan sekali panen mencapai 1 Juta Rupiah. Hasil usaha sayur ini bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.

Namun lebih lanjut Ester dan Antu mengeluhkan akhir-akhir ini tanaman sayur sawi putih di wilayah setempat kerap diserang hama dan penyakit. Selama ini  pengendalian dilakukan dengan penyemprotan fungisida. Mereka berharap instansi terkait turun tangan melakukan pendampingan agar produktifitas sayur terus meningkat.

Sementara Kepala Desa Bangka Kenda, Paskalis Katang, S.Pd mengatakan, sebagian besar penduduk di desa setempat memiliki usaha sayur. Dari 586 KK di desa Bangka Kenda, sekira 75 persennya petani sayur. Hasilnya dipasarkan ke Ruteng dan sekitarnya.***(Yoga)

RAWAT SAYUR : Seorang Petani Sayur, Ester Inda tengah merawat sayur di lahan miliknya di desa Bangka Kenda, Kecamatan Wae Rii. Dari usaha sayur inilah dia membiayai kehidupan keluarganya. Foto : Yoga