Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI MANGGARAI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI MANGGARAI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Post terbaru

Next Last

Daftar agenda

Next Last

Link Banner

Kerja 3ersama

Website Prov NTT

infopublik

Dokumentasi Hukum

BPS Kabupaten Manggarai

LPSE Kabupaten Manggarai

Bupati Deno Kamelus Lantik 42 Kades Baru

Tanggal update: 20 Dec 2016 10:06, oleh: Aris

Ruteng – Bupati Manggarai DR.Deno Kamelus,SH.MH,Senin ( 19/12/2016 ) bertempat di Manggarai Convention Center (MCC)-Ruteng melantik 42 Kepala Desa (Kades ) terpilih periode 2016-2022.

Acara pelantikan turut pula disaksikan Wakil Bupati Drs.Victor Madur, Kajari Ruteng, Kapolres Manggarai diwakili Kabag Ops, Pimpinan SKPD, BUMN/BUMD, istri dan suami Kepala Desa terpilih, keluarga  serta sejumlah undangan lainnya.

Pelantikan Kepala Desa yang pertama kalinya dalam perubahan pemilihan kepala desa secara serentak ini berdasarkan keputusan Bupati Manggarai Nomor HK/520/2016 tanggal 13 Desember 2016.

Pada periode pertama pelantikan ini sebanyak 42 kepala desa yang telah mengikuti proses pilkades tanggal 1 november 2016 lalu diambil sumpah di bawah saksi Rohaniwan Romo Beni Bensi,Pr dan saksi dari pemerintahan diwakili Sekertaris BPMPD Drs. Yos Jehalut berlangsung aman dan tertib.

Pelantikan Kepala Desa

Bupati Manggarai Deno Kamelus pada kesempatan tersebut mengajak para kepala desa terpilih untuk senantiasa menjadi pelopor dan menjaga hasil pembangunan yang telah dicapai. ’’Saya minta Kades terpilih  untuk bahu membahu bangun daerah ini sesuai tugas dan fungsi masing-masing ,’’ kata Bupati Kamelus.

Walaupun Kata Bupati Deno Kamelus tidak sedikit tantangan yang dihadapi di antaranya : kondisi geografis berbukit-bukit, bencana alam, keterbatasan sumber pembiayaan, keterbatasan sumber daya manusia yang ada di desa, serta pandangan yang keliru dari berbagai komponen seolah-olah pemerintah yang membangun dan masyarakat pasif menunggu.

Kondisi tersebut kurang menguntungkan dalam melaksanakan roda pemerintahan serta mengelola anggaran yang ada di desa. Namun Bupati Deno Kamelus berharap kondisi tersebut jangan menjadi penghalang untuk tetap melaksanakan pekerjaan dengan fokus, terukur dan tuntas.

Untuk itu Bupati Deno Kamelus meminta agar dalam mengelola managemen anggaran dan aset desa ada perencanaan,pelaksanaan,administrasi,pengawasan dan evaluasi. ‘’Saya minta para Kades belajar lebih banyak bagaimana memanage tentang pengelolaan keuangan desa.”

Bupati Kamelus berpesan kepada Kades terpilih agar tidak serta merta mengangkat dan memberhentikan perangkat desa ,namun harus tetap mengikuti regulasi yang ada. ‘’Jangan serta merta, hari ini dilantik, Anda ganti semua itu perangkat desa. Bagaimanapun perangkat desa yang lama punya pengalaman, saya minta aspek ini menjadi perhatian Saudara-saudara, jangan ada dendam ,’’ tegas Bupati Kamelus .

Bupati Deno Kamelus juga berharap agar para kepala desa menjalin kerja sama yang baik dengan lembaga pemerintahan desa dalam merencanakan pembangunan serta dalam merencanakan pembangunan harus mampu melihat situasi masyarakat. ‘’Jangan menghindar dari masalah atau persoalan yang tengah dihadapi masyarakat,selesaikan persoalan dengan pemangku adat kalau ada persoalan,masyarakat akan hormati kepala desa bukan karena atribut atau pangkat tapi pegabdian yang tulus ,’’ pesan Bupati Kamelus .

Terkait laporan keuangan di tahun 2016 Bupati Deno Kamelus menegaskan Kepala desa yang baru akan menandatangani tetapi secara material pertanggung jawaban ada pada Kepala desa yang lama. ‘’Terkait Material, itu tanggung jawab Kades yang lama, karena Dia yang kelola APBDes ,’’ tegas Bupati Kamelus.

Di akhir sambutannya Dia berpesan agar potensi keamanan di desa harus cepat dideteksi oleh Kades terpilih,terutama situasi-situasi yang terjadi akhir-akhir ini ‘’Saudara-saudara harus mampu mendeteksi denyut jantung kehidupan di desa,  harus waspada terutama orang baru, apa tujuannya ,’’ ujar Bupati Kamelus.

Pelantikan Kepala Desa

(Ars)