Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI MANGGARAI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI MANGGARAI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Post terbaru

Next Last

Daftar agenda

Next Last

Link Banner

Kerja 3ersama

Website Prov NTT

infopublik

Dokumentasi Hukum

BPS Kabupaten Manggarai

LPSE Kabupaten Manggarai

Anggaran Desa Dongkrak Ekonomi dan Partisipasi Masyarakat

Tanggal update: 16 Dec 2016 10:14, oleh: Yoga

RUTENG - Kenaikan anggaran desa sejak tahun 2015 lalu selain meningkatkan ekonomi juga dapat mendorong partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan. Hal itu diakui Kepala Desa Bulan, Eduardus Senudin kepada media ini di Kantor Desa setempat, Selasa (13/12).

Kades Senudin menyebut, pada tahun 2015 total anggaran desa  bagi desa Bulan lebih 691 juta Rupiah. Dana ini berasal dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bagi Hasil Pajak. Pihaknya memanfaatkan dana itu untuk pembangunan fisik berupa telford, rabat, deuker dan tembok penahan tanah (TPT). Kecuali itu juga untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni bagi 24 KK.

Sementara tahun 2016 kata Senudin, desa setempat mendapat anggaran sebanyak 1,8 Miliar Rupiah lebih. Tahun ini pembangunan fisik selain TPT dan rabat juga pembangunan irigasi dan drainase. Kecuali itu juga untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni bagi 23 KK.

Menurut Senudin meningkatnya anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat dan daerah mampu menjawab semua kebutuhan masyarakat desa. Kehidupan ekonomi warga desa juga terus meningkat seiring meningkatnya anggaran tersebut.

Sementara secara social menurut dia, anggaran desa yang besar mendorong semangat partisipasi dan gotong royong warga dalam berbagai kegiatan pembangunan di desa.Sejak tahun 2015, aparat desa Bulan bersama warga setempat telah menetapkan hari  Jumat setiap pekannya sebagai hari kerja bhakti dan gotong royong. Gotong royong dilaksanakan untuk pembukaan jalan baru sepanjang 3 kilo meter dan pembersihan lingkungan.

Kades Senudin menambahkan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)  termasuk DD di desa Bulan dilaksanakan secara transparan dengan melibatkan masyarakat melalui musyawarah bersama. Musyawarah dimulai dari tingkat dusun yaitu (Musdus) hingga tingkat desa (Musdes).

Sementara seorang warga setempat, Marianus Angkur menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dengan adanya anggaran desa bagi desa bulan. Dengan anggaran itu kini persawahan warga di desa itu tidak lagi kekurangan air karena sudah dibangun saluran irigasi. Dia yakin mulai tahun ini produksi padi sawah di desa setempat akan meningkat.

Pantauan media ini saluran irigasi persawahan di desa Bulan yang dibangun dari anggaran dana desa tahap pertama tahun 2016 kini mulai dimanfaatkan warga. Warga setempat sudah mulai menyiapkan bibit untuk musim tanam tahun depan.

Desa Bulan berpenduduk 3.441 jiwa. Sebanyak 1.723 diantaranya laki-laki dan perempuan 1.718 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 802 KK. Sebagian besar penduduk bermatapencaharian sebagai petani yakni mencapai 80 persen. Sementara selebihnya pegawai dan wira swasta.*** (Tim Web.manggaraikab.go.id)


SALURAN IRIGASI PERSAWAHAN : Inilah saluran irigasi persawahan di desa Bulan, Kecamatan Ruteng yang dibangun dari Dana Desa tahap I tahun 2016. Kini saluran irigasi itu bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. Foto : Tim Web.manggaraikab.go.id