Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI MANGGARAI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI MANGGARAI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Post terbaru

Next Last

Daftar agenda

Next Last

Link Banner

Kerja 3ersama

Website Prov NTT

infopublik

Dokumentasi Hukum

BPS Kabupaten Manggarai

LPSE Kabupaten Manggarai

Manggarai Gelar Apel Nusantara Bersatu

Tanggal update: 30 Nov 2016 14:52, oleh: Yoga

RUTENG - Pemkab Manggarai beserta TNI, Polri menggelar apel Nusantara Bersatu di lapangan Motang Rua, Ruteng, Rabu (30/11). Apel dirangkaikan dengan doa bersama ini dalam rangka meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hadir  Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, Sekda, Manseltus Mitak, SH, Unsur Forkompinda, Mantan Bupati, Drs. Christian Rotok, Unsur Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), anggota TNI dan Polri, Organisasi Pemuda serta para siswa dan mahasiswa di kota Ruteng.

Pantauan media ini acara diawali dengan pemasangan pita merah putih kepada seluruh peserta. Acara dilanjutkan dengan apel yang dipimpin Wakil Bupati, Drs. Victor Madur. Di sela-sela upacara apel dibacakan puisi bernuansa nasionalisme oleh Romo Ino Sutam, Pr dari STKIP Ruteng serta siswa dan mahasiswa. Sementara FKUB Manggarai pada saat itu menyampaikan dan menandatangani deklarasi bersama yang isinya menyerukan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI.

Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur dalam sambutannya mengatakan, apel dan doa bersama Nusantara Bersatu dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia. Acara ini dimaksudkan untuk menggugah semua pihak untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Wabup Madur mengatakan , berbagai fakta dan fenomena yang berkembang selama ini menunjukan adanya pergeseran nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Hal ini terutama tercermin dari adanya kemerosotan akhlak dan degradasi wawasan kebangsaan. Tak bisa dipungkiri pula nilai-nilai persatuan, toleransi musawarah mufakat dan gotong royong kian tergerus arus globalisasi.

Menurut Wabup Madur  fakta dan berbagai fenomena tersebut memprihatinkan karena tidak menghargai nilai-nilai yang telah diwariskan para pendahulu bangsa. Bahkan jika hal itu terus dibiarkan maka akan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih lanjut Wabup Madur mengajak berbagai pihak di Manggarai untuk menghindari perpecahan karena berbagai perbedaan. Kecuali itu,  tingkatkan kerja sama, toleransi, persatuan dan persaudaraan. Dia berharap semua pihak untuk selalu menjunjung tinggi kebhinekaan dan menghargai perbedaan demi terciptanya suasana harmonis dan damai di daerah ini. ***(YOGA)