Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Peduli Lingkungan Hidup Harus Berawal dari Diri Tiap Pribadi

Tanggal update: 26 Jun 2016 19:40, oleh: Admin

Siaran Pers HumasPro. Sabtu (25/06/2016)

Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) kabupaten Manggarai, hari ini Sabtu (25/06) pukul 10.00 Wita, menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Manggarai Tahun 2016 dengan mengangkat tema “Go Wild For Life” atau selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan. Acara peringatan ini bertempat di Dusun Kuwu, Desa Nenu, Kecamatan Cibal dan diresmikan secara langsung oleh Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH. MH yang  ditandai dengan penanaman simbolis anakan pohon.

Sekretaris BLHD Kabupaten Manggarai dalam laporannya menyampaikan bahwa jenis bibit anakan pohon yang ditanam adalah sengon dan mahoni dengan jumlah anakan sebanyak 1.100 pohon. Anakan pohon ini di tanam areal  Lingko Golo Kalo, lahan desa,  seluas 1 hektar.

Dalam sambutannya, Bupati Manggarai menekankan tiga poin pokok yang menjadi tujuan utama peringatan hari lingkungan hidup sedunia yakni pertama, memunculkan kesadaran orang perorangan atau pribadi per pribadi untuk peduli akan kelestarian lingkungan. Kedua, munculnya reaksi yang merangsang sekaligus memicu rasa kepedulian untuk cepat tanggap dalam menyelesaikan persoalan lingkungan  hidup yang terjadi di sekitar kita. Ketiga, adanya perubahan ke arah yang lebih baik dengan menjaga kesinambungan lingkungan hidup ke arah kehidupan yang berkelanjutan.

Penanaman Pohon

“Perubahan tidak terjadi dengan sendirinya. Itu terjadi melalui suatu proses kerjasama yang berkelanjutan. Yang paling penting dari pelaksanaan kegiatan hari ini adalah memunculkan kesadaran  dari dalam diri tiap pribadi untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan hidup” tegasnya.

“Menjaga kebersihan lingkungan, membangun MCK di rumah masing-masing, membuat drainase agar air tidak merusak badan jalan, bibit pohon yang telah ditanam hendaknya dirawat agar tumbuh dan hidup adalah beberapa contoh sederhana bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan” lanjutnya.

Kepala Desa Nenu, Siprianus Tagung, menyambut baik kegiatan ini. “Masyarakat setempat turut ambil bagian dalam kegiatan penanaman anakan pohon” Katanya. 

Selain penanaman simbolis anakan pohon, acara peringatan hari lingkungan hidup sedunia juga ditandai dengan penyerahan naskah kerjasama bidang kebersihan kota/kelurahan antara BLHD dan Kelurahan Mbaumuku.

Hadir dalam kegiatan ini, Unsur Forkopimda Kabupaten Manggarai, para pimpinan SKPD lingkup pemkab Manggarai, Tim Penggerak PKK, Camat Cibal, para kepala desa sekecamatan Cibal, lurah Pagal, lurah Mbaumuku, para guru, pastor paroki Pagal, IMAPAL STKIP St. Paulus Ruteng, tokoh adat dan tokoh masyarakat, paramedis dan insan pers.

Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Manggarai.