Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI MANGGARAI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI MANGGARAI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Post terbaru

Next Last

Daftar agenda

Next Last

Link Banner

Kerja 3ersama

Website Prov NTT

infopublik

Dokumentasi Hukum

BPS Kabupaten Manggarai

LPSE Kabupaten Manggarai

SMK Sadar Wisata Jadi Sekolah Rujukan

Tanggal update: 26 May 2016 14:46, oleh: Yoga

RUTENG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menetapkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sadar Wisata Ruteng sebagai SMK rujukan tahun 2016.  Atas prestasi itu, pemerintah pusat menggelontorkan bantuan 1 Miliar Rupiah kepada lembaga pendidikan tersebut. 

Kepala SMK Sadar Wisata Ruteng, Wilhelmus Bastian, Amd kepada media ini mengatakan, sejak tahun 2015 lalu SMK Sadar Wisata Ruteng berjuang untuk mendapatkan status sebagai sekolah rujukan. Sebelum mendapatkan stastus itu, pihaknya membuat Scholl Development Plan (SDP) serta dipresentasikan di Direktorat Pembinaan SMK, Kemendikbud RI.

Menurut Bastian, untuk tahun 2016 ini hanya dua SMK di NTT yang ditetapkan sebagai SMK Rujukan. Dua sekolah itu yakni SMK Sadar Wisata Ruteng dan SMKN I Maumere. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dirjen Pembinaan SMK Kememdikbud RI dilaksanakan 11 April 2016 lalu.

Bastian menjelaskan, dengan status sebagai SMK rujukan tersebut, pada tahun 2016 ini SMK Sadar Wisata Ruteng mendapat bantuan dana Satu Miliar Rupiah dari Direktorat Pembinaan SMK. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pembangunan gedung dan infrastruktur.

Bastian bertekad ke depan status sebagai SMK Rujukan bisa terus dipertahankan dengan berupaya meningkatkan mutu peserta didik maupun para guru. Khusus untuk pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Negeri (STPN) Bali.

SMK Sadar Wisata Ruteng didirikan sejak tahun 1990. Ribuan alumnus saat ini terserap di berbagai bidang profesi baik pemerintah maupun swasta. Jumlah siswa saat ini sebanyak 2.019 siswa. Pada tahun ajaran baru nanti SMK Sadar Wisata membatasi penerimaan siswa maksimal 600 orang.

Pantauan media ini, SMK Sadar Wisata dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) dan praktek siswa. Beberapa diantaranya yakni Travel Agent Mini, Hotel Mini dengan fasilitas bertaraf Hotel Bintang Lima, Laboratorium Bahasa dan Komputer serta fasilitas olaraga dan kesenian.***Yoga

Hotel Mini : Inilah hotel mini yang ada di SMK Sadar Wisata Ruteng. Fasilitas hotel ini berstandar Hotel Bintang Lima. Foto : Yoga