Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI MANGGARAI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI MANGGARAI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Post terbaru

Next Last

Daftar agenda

First Previous Next Last

Link Banner

Kerja 3ersama

Website Prov NTT

infopublik

Dokumentasi Hukum

BPS Kabupaten Manggarai

LPSE Kabupaten Manggarai

27 Nyawa Melayang di Jalan

Tanggal update: 10 Feb 2016 09:17, oleh: Yoga

                                                                                       Foto : Yoga

Ruteng - Kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur terus meningkat. Sepanjang tahun 2015 tercatat 27 korban meninggal dunia akibat lakalantas tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Manggarai, Iptu Rocky Junasmi, S.Ik kepada media ini menyebut, total laka lantas di wilayah kerja Polres Manggarai sepanjang tahun 2015 lalu sebanyak 52 kasus. Dari 52 kasus tersebut, 27 orang korban dikabarkan meninggal dunia. Sementara korban luka sebanyak 110 orang,  33 diantaranya luka berat dan 77 lainnya luka ringan. 

Menurut Kasat Rocky, kasus laka lantas tahun 2015 itu meningkat sebesar 4 persen dari tahun sebelumnya. Meski demikian korban meninggal dunia menurun. Tahun 2014 lalu, tercatat korban meninggal dunia akibat laka lantas ini sebanyak 29 orang. “Kalau dilihat dari trennya memang mengalami peningkatan, tapi korban yang meninggal dunia di tahun 2015 ini menurun,” jelas Kasat Rocky.

Kasat Rocky menjelaskan, meningkatnya kasus lakalantas di wilayah ini lebih dominan disebabkan pengendara kerap kehilangan kendali atau out of control saat mengendarai kendaraan. Out of control ini juga kebanyakan dipicu pengendara menenggak miniman keras (miras) sebelum atau saat berkendara. Kecuali itu, kecelakaan juga terjadi akibat kondisi jalan yang sempit dan banyak tikungan.”Lebih banyak itu karena out of control. Jadi pengendara sering lalai saat berkendara. Dari kasus yang kita lihat, out of control ini juga lebih banyak dipengaruhi oleh minuman alkohol,” jelas Rocky.

Sementara terkait pelanggaran, Kasat Rocky menyebut total pelanggaran lalu lintas yang terjadi sepanjang 2015 sebanyak 1.588 pelanggaran. Sebanyak 1.469 pelanggaran diantaranya ditilang, sementara 119 lainnya hanya berupa teguran. Pelanggar terbanyak berasal dari kalangan pelajar. Jenis pelanggaran yang dilakukan dimana kondisi kendaraan sudah  tidak berstandar lagi serta berkendara tanpa SIM (Surat Ijin Mengemudi,red).

Kasat Rocky menegaskan, untuk meminimalisir terjadinya kasus laka lantas, Satlantas Polres Manggarai terus meningkatkan pendidikan dan rekayasa lalu lintas ke setiap sekolah baik di Manggarai maupun Manggarai Timur. Operasi rutin juga terus dilakukan untuk terciptanya lalulintas yang tertib,aman dan nyaman di wilayah ini. “Kita lakukan dikyasa ke setiap sekolah. Begitu juga operasi, rutin kita laksanakan.Tujuannya agar anak-anak kita dan masyarakat kita memahami aturan lalu lintas, “tegas Kasat Rocky.

Lebih lanjut, dia mengingatkan seluruh pengendara kendaraan agar lebih meningkatkan kewaspadaan saat berkendara. Kecuali itu memeriksa seluruh komponen termasuk dokumen kendaraan sebelum berkendara. Pengendara juga tidak diperkenankan mengkonsumsi minuman keras agar terhindar dari kecelakaan. Sementara bagi orang tua agar tidak membiarkan anak-anak di bawah umur untuk berkendara.****Yoga